Kisah Membunuh Naga (To Liong To/ Bu Kie) Bagian 40

Kisah Membunuh Naga (To Liong To/ Bu Kie) Bagian 40
Chin Yung/Jin Yong
-------------------------------
-----------------------------
Bagian 40
Karena memikir begini Boe lantas ingat juga Thio Sam Hong. Ia lantas merasakan dadanya panas. Hanya sejenak ia lantas berpikir pula, “Thio Boe Kie telah mati!” srkarang ini akulah seorang dusun, si Can A Goe yang sangat jelek rupanya! Asal aku tidak bisa menyambarkan diri mungkin aku bakal menghadapkan malapetaka yg tak ada habisnya! Tidak, di depan siapa pun, tdk dapat aku memperlihatkan diriku yg asli, supaya ayah dan ibuku jangan berpenasaranterus didunia baka!”

Sekejap ia menjadi ingat pula ayah angkatnya berdiam diri dipulau mencil yg tak dikenal dan tentang ayah dan ibunya yang sudah binasa penasaran.

Selagi Boe Kie berpikir itu, si gadis desa menyahuti dengan suara dingin. Sembari berkata itu dia tertawa.

“Soecie kau itu sudah menghajar punggungku dengan kedua tangannya dengan pukulan Toe Chung Bong Hoa,” ia kata. “Dia memukul aku, lantas tangannya patah sendirinya. Apakah waktu itu aku pasti disesalkan dan dipersalahkan? Coba kau tanya soecie mu apakah pernah aku membalas memukul dia sekalipun satu kali saja?”

Cio Cie Jiak berpaling kepada kakak seperguruannya itu, romannya menanya.

Teng Bin Koen tidka memberi jawaban, hanya dengan gusar dia kata: “Kau bawalah dia berdua kepada suhu, supaya suhu yang memberi hukuman kepadanya!”

Mendengar itu Cie Jiak berkata, “Jika mereka ini bertindak keliru bukan dengan sengaja, menurut pandanganku baiklah urusan dihabiskan saja. Lebih baik kita menjadi sahabat2”.

Teng Bin Koen gusar.

“Apa?” dia berteriak. “Apakah kau berbalik untuk membantui orang luar?”

Melihat romannya Teng Bin Koen itu, Boe Kie ingat peristiwa itu malam ketika Pheng Eng Giok Hweeshio kena dikeroyok didalam rimba, karena mana Kie Siauw

Hoe menjadi bentrok sama Teng Bin Koen ini. Sekarang rupanya peristiwa ini mengulangi diri, Teng Bin Koen kembali mendesak, memaksa adik seperguruannya ini, untuk bertindak sewenang2 dan kejam. Karena ini, ia menjadi berkuatir untuk Cie Jiak.

Agaknya nona Cioe sangant menurut kepada sucinya itu, ia sangat menghormati. Sembari menjura ia berkata, “Baiklah siaomoi menurut kata suci, tidka bernai siaomoi membantah nya.”

“Bagus!” kata Bin Koen. “Sekarang kau boleh bekuk budak itu, kau patahkan kedua tangannya!”

“Baik!” menyahut adik seperguruan itu. “Tolong suci berjaga2” Ia lantas berpaling kepada gadis dusun, untuk berkata, “Maaf, siaomoi berlaku kurang aja, ingin ku menerima beberapa jurus.”

Gadis desa itu tertawa dingin. “Tak usah banyak pernik!” katanya. Dengan sebat sekali, ia lantas menyerang, beruntun 3 kali. Sebab serangannya yang pertama dan kedua tidak memberikan hasil.

Cie Jiak main mundur, tangan kanannya menangkis, tangan kirinya mencoba menangkap. Itulah pembelaan diri sambil menyerang. Dia bergerak lincah sekali.

Boe Kie menonton, ia menjadi kagum. Didalam ilmu dalam, ia sudha mencapai puncak kemahiran, tetapi di dalam hal ilmu silat, ia masih ketinggalan. Sekarang ia melihat kedua nona itu bertempur cepat dan hebat. Lihati tangan Bian Ciang dari Cie Jiak, tetapi aneh gerak gerik si gadis desa. Ia kagum berbareng berkuatir. Sebenarnya ia tidak mengharap siapa jg yang menang, ia hanya ingin dua2nya tidak sampai terluka…

Dengan lekas orang sudah bertarung lebih dari duapuluh jurus, sekarang mereka itu sama sama memasuki babak yg berbahaya. Mendadak si gadis desa berseru. “Kena!” benar saja ia dapat menghajar pundak Cie Jiak. Sebaliknya si nona Cioe dapat menjambret baju orang hingga robek. Setelah itu, keduanya sama-sama melompat mundur, muka merekapun sama-sama merah.

“Sungguh suatu ilmu menangkap yang hebat!” si gadis desa berseru. Sebenarnya ia hendak maju pula, tapi ia lantas melihat lawannya mengerutkan alis, tangannya meraba dadanya, tubuhnyapun terhuyung dua kali, hampir roboh.

Boe Kie kaget hingga ia berteriak, “Kau…kau….” Nyata sekali besar perhatiannya terhadap nona marga Cioe itu.

Cie Jiak heran melihat pria itu, yang rambut dan kumisnya panjang, menaruh perhatian sedemikian rupa terhadapnya.

“Soe-moay, kau kenapa?” Bin Koen bertanya heran.

Dengan tangan kirinya, Cie Jiak memegang pundak sang Soe-cie, kepalanya digeleng.

Bin Koen heran kemudian ia menjadi kaget. Tadi ia dikalahkan si gadis desa, ia penasaran ingin menuntut balas, maka senang hatinya sang Soe-moay itu, adik seperguruan, sudah datang kepadanya. Ia percaya Soe-moay ini bakal berhasil melampiaskan sakit hatinya itu. Ia pernah mendengar guru mereka memuji sang Soe-moay sebagai murid yang cerdas, yang majunya pesat, sehingga –Cioe Cie Jiak- diharap nanti dapat mengangkat pamor rumah perguruan mereka, maka itu sekarang, ia memaksa sang Soe-moay menempur si gadis desa. Ia berlega hati melihat Cie Jiak dapat berkelahi hingga dua puluh jurus lebih. Itu tanda Soe-moay itu sudah lebih menang darinya, maka ia heran melihat akhir pertandingan itu, bahkan ia terkejut waktu ia merasa cekalan tangan Soe-moay di pundaknya. Tangan itu seperti tidak ada tenaganya. Itulah tanda bahwa sang Soe-moay telah terluka. Dari kaget ia menjadi takut, takut si gadis desa nanti merangsak untuk menyerang pula.

“Mari kita pergi!” katanya cepat. Ia membawa Soe-moay itu, untuk berlalu dengan cepat ke arah timur laut tadi.

Si gadis desa mengawasi kepergian lawannya lantas ia menoleh kepada Boe Kie. Ia tertawa dingin. “Hai, si muka jelek tidak keruan!” katanya mengejek, “Melihat nona cantik, semangatmu terbang hingga keluar langit!”

Boe Kie berniat membantah ketika ia lantas berpikir. “Jikalau aku tidak memperlihatkan jati diriku, urusan sukar dibuat jelas. Tapi baiklah aku tetap jangan bicara!” Maka ia menjawab, “Perduli apa dia cantik atau tidak? Apa kaitannya dengan aku? Aku justru menguatirkan kau, aku takut kau nanti terluka….”

Mendengar itu, si nona menjadi girang. Perubahan sikapnya cepat.

“Omonganmu ini benar-benar atau dusta?” dia bertanya.

“Sebenarnya aku menguatirkan kalian berdua,” piker Boe Kie, tapi ia menjawab, “Untuk apa aku mendustai kau? Aku hanya tidak menyangka dalam Go Bie-pay ada nona demikian muda tapi ilmu silatnya sudah mahir sekali.”

“Hebat, ya hebat!” kata si gadis desa.

Boe Kie mengawasi ke arah Cie Jiak. Tadi nona itu datang dengan lincah, tapi sekarang pergi dengan langkah terseok-seok. Ia lantas ingat bagaimana dulu, di dalam perahu di sungai Han Soet, si nona menyuapi ia, meminumkan air, bagaimana ia diberikan sapu tangan untuk menyusut air matanya…Itulah budi si nona. Maka mengingat begitu, ia berdoa agar luka si nona tidak berbahaya…

Tiba-tiba gadis desa tertawa dingin.

“Tak usah kau menguatirkan dia!” katanya nyaring. “Dia tidak terluka sama sekali! Bahkan aku bilang dia hebat! Bukan ilmunya yang aku maksud, tapi kecerdikannya, selagi ia masih berusia demikian muda!”

Boe Kie heran.

“Apakah dia tidak terluka?” ia tanya.

“Memang tidak! Ketika tanganku mengenai pundaknya, dari pundak itu menolak keluar aliran tenaga dalam yang membuat tanganku mental kembali. Jelaslah dia telah mempelajari ilmu Kioe Yang Kang dari Go Bie-pay. Dan membuat tanganku gemetaran dan kesemutan! Dia mana terluka?”

Boe Kie menjadi girang. Ia berkata dalam hatinya, “Kalau begitu, Biat Ciat Soe-thay menghargai nona itu. Dia rela menurunkan ilmu Kioe Yang Kang dari Go Bie-pay, sedangkan ilmu itu adalah ilmu pelindung untuk partainya.

Tengah ia berpikir, Boe Kie merasa kupingnya sakit. Tanpa setahunya, telinganya itu telah ditampar si nona, pipinya juga kena, sehingga kuping dan pipinya menjadi merah dan bengap.

“Kau…kau bikin apa?” tegurnya gusar.

Nona itu mendongkol, katanya sengit. “Melihat orang demikian cantik semangatmu terbang naik keluar langit! Aku bilang dia tidak terluka, lantas kau jadi kegirangan! Kenapa?”

“Jika benar aku girang untuknya, apa kaitannya dengamu?” Boe Kie balik bertanya.

Tangan si nona melayang pula, tapi Boe Kie dapat berkelit mundur.

Nona itu menjadi gusar dan berseru.

“Kau telah bilang bahwa kau telah bakal menikahi aku! Belum setengah hari lewat, pikiranmu sudah berubah! Kau sudah kepincut nona lain!”

“Toh kau sendiri yang bilang aku tidak cocok untukmu?” balas Boe Kie. “Kau pun bilang bahwa di dalam hatimu ada seorang kekasih lainnya, kau tak dapat menikah denganku!”

“Itu benar! Tapi kau telah berjanji padaku bahwa seumur hidupmu kau akan setia padaku,” kata si nona pula.

“Tentu sekali, apa yang telah aku bilang akan kupegang,” kata Boe Kie pula.

“Kalau begitu?” kata si nona gusar, “Kenapa setelah melihat nona cantik kau tak ada semangat seperti ini? Melihat lagakmu ini bagaimana orang tidak mendongkol?”

Mau tidak mau, Boe Kie tertawa.

“Semangatku tidak hilang!” katanya.

Si nona masih berkata sengit, “Aku larang kau menyukai dia! Aku larang kau memikirkan dia!”

“Aku tidak bilang bahwa aku menyukai dia,” kata Boe Kie. “Tapi kau, di dalam hatimu mengapa kau senantiasa mengingat seseorang lain. Kau mengingatnya hingga kau tidak melupakannya?”

“Sebab aku kenal orang itu lebih dulu daripada aku kenal kau. Coba aku mengenal kau terlebih dahulu, pasti seumur hidupku, aku selalu baik terhadap kau seorang, tidak akan mencintai orang lain lagi. Ini dia yang dibilang, ikut satu orang hingga akhir hayatnya. Jikalau satu orang mempunyai dua atau tiga pikiran, Tuhan juga tidak dapat menerimanya?”

“Aku kenal nona Cioe jauh lebih lama daripada aku kenal kau,” kata Boe Kie di dalam hati. Ia tidak dapat mengatakan itu, maka ia bilang, “Jikalau kau baik denganku seorang, aku juga akan baik dengan kau seorang, tetapi jikalau di dalam hatimu memikirkan orang lain, aku pun dapat memikirkan orang lain!”

Nona itu terdiam, beberapa kali ia hendak membuka mulutnya, tiba-tiba batal. Mendadak kedua matanya mengalirkan air, lantas ia berpaling ke arah lain. Tanpa sepengetahuan Boe Kie, ia menghapus air matanya itu.

Boe Kie menjadi kasihan. Ia mencekal tangannya.

“Kita bicara tidak keru-keruan begini, untuk apa?” ia bilang. “Beberapa hari lagi kakiku sembuh, kita berdua boleh pergi pesiar memandangi keindahan sang alam. Tidak baguskah itu?”

Nona itu menoleh, wajahnya berduka.

“Goe koko, aku mau minta sesuatu,” katanya sabar. “Aku minta kau jangan gusar.”

“Apakah itu?” balik tanya Boe Kie. “Asal yang aku sanggup, tentu aku akan melakukannya untuk kau.”

“Jikalau kau berjanji tidak akan gusari aku, baru aku mau bicara.”

“Baik, aku tidak akan gusar.”

Nona itu ragu-ragu. Katanya sesaat kemudian. “Kau bilang di hatimu tidak gusar, kalau di mulut bilang tak gusar…”

“Baiklah, di dalam hatiku juga aku tidak gusar.”

Nona itu lantas menggenggam keras.

“Goe koko!” Ia berkata sungguh-sungguh. “Aku datang dari Tionggoan yang berlaksa li sampai di wilayah Barat ini, maksudku ialah untuk mencari dia. Mulanya aku masih dapat mendengar sedikit kabar tentangnya, lalu setibanya di sini ia bagaikan sebuah batu yang tenggelam dalam lautan besar, sedikitpun tak kudengar lagi kabarnya. Maka itu, kalau nanti kakimu sudah sembuh aku minta kau membantuku mencari dia, sesudah itu baru aku menemani kau pesiar ke gunung dan sungai! Tidakkah ini bagus?”

Boe Kie tidak dapat menahan rasa tidak senangnya, hingga ia mengeluarkan suara di hidung. “Hmm….”

“Kau sudah menerima baik, kau sudah berjanji tidak akan gusar,” kata si nona. “Apakah ini bukan tandanya gusar?”

“Baiklah, aku nanti membantu kau mencari dia!” kata Boe Kie.

Kembali si nona girang secara mendadak.

“Goe koko, kau baik sekali,” dia berseru. Lantas ia memandang jauh ke depan, ke arah di mana langit dan bumi bertemu, hatinya bergetar. Dengan perlahan dia berkata, “Jikalau nanti kita dapat menemukan dia, dia akan berpikir bahwa aku telah mencari dia lama sekali, dia tidak akan mengusir aku. Apa yang dia bilang, aku akan melakukannya. Pendek kata, aku akan turut segala perkataannya!”

“Sebenarnya kekasihmu itu ada kebaikkan apa?” tanya Boe Kie. “Kenapa kau sampai selalu memikirkannya saja?”

Ditanya begitu, si nona tertawa.

“Apa kebaikkannya?” katanya. “Mana dapat aku menerangkan? Goe koko, aku tanya apakah kita dapat mencari dia? Umpama kata kita dapat mencari, apakah dia bakal mencaci dan memukulku?”

Tidak senang Boe Kie melihat orang demikian tergila-gila, akan tetapi ia pun tidak mau membuatnya tidak bergembira, maka ia berkata perlahan, seperti bersenandung. “Asal hati manusia keras bagaikan emas, di atas langit atau di dalam dunia pasti orang dapat saling bertemu!”

Mulut mungil si nona bergerak perlahan, air matanya berlinang. Ia mengulangi dengan perlahan. “Asal hati manusia keras bagaikan emas, di atas langit atau di dalam dunia pasti orang dapat saling bertemu….”

Boe Kie mendengar suara si nona, katanya di dalam hati. “Nona ini demikian tergila-gila terhadap kekasihnya, jikalau di dalam dunia ini ada seorang yang demikian memikirkan aku, biar dalam hidupku lebih menderita lagi aku rela….”

Ia memandang ke arah timur laut, di atas salju ia melihat tapk kakinya Cie Jiak dan Bin Koen, ia melamun pula. “Jikalau tapak kakinya Bin Koen itu tapak kakiku, dapat berjalan bersama nona Cioe….”

Ia terbangun dari lamunannya dengan kaget. Mendadak ia mendengar suara keras dari si nona. “Hayo! Lekas! Mari kita pergi. Kalau terlambat, nanti tak keburu!”

“Apa?” tanya Boe Kie masih gelagapan.

“Nona muda dari Go Bie-pay itu tidak mau bertempur sama aku,” kata si nona. “Ia berpura-pura terluka, tetapi lain dengan Teng Bin Koen, dia bilang dia mau menangkap kita untuk dibawa kepada gurunya. Itu berbahaya. Mestinya Biat Coat Soe-thay berada di dekat sini. Pendeta wanita bangsat yang tua itu paling mau menang sendiri, mana bisa dia tidak datang kemari?”

Boe Kie terkejut, ia pun kuatir. Ia ingat kekejamannya Biat Coat Soe-thay ketika ia menghajar mati Kie Siauw Hoe dengan sebelah tangannya.

“Memang dia sangat hebat, kita tidak dapat melawannya,” katanya.

“Apakah kau pernah bertemu dengan dia?”

“Bertemu, itulah belum, tapi dia ketua Go Bie-pay, dia bukan sembarangan orang.”

Nona itu mengerutkan alis. Hanya sebentar, ia lantas bekerja. Ia mengumpuli beberapa kayu yang kuat, ia ikat itu dengan tali babakan pohon. Segera setelah selesai, membuat semacam kursi bagaikan kereta. Tanpa bilang apa-apa ia lantas menggendong Boe Kie, untuk duduk di dalam kursi itu, yang ujungnya diikatkan tali panjang, sesudah itu ia terus tarik bawa pergi berlari-lari! Kencang larinya….

Sambil duduk di kereta salju, Boe Kie mengawasi gadis desa yang tabiatnya aneh itu. Dia lari dengan lincah. Dia lari terus menerus, tak hentinya sampai kira-kira empat puluh li. Sama sekali tidak terdengar nafasnya menghela. Ia kagum akan kemahiran ilmu ringan tubuh si nona itu. Tapi ia merasa tidak enak hati.

“Eh, berhenti dulu!” katanya, “Kau beristirahatlah!”

Nona itu tertawa, ia menyahuti, “Siapa eh, eh? Apakah aku tidak punya nama?”

“Kau tidak mau memberitahukan namamu, apa yang aku bisa? Kau menghendaki memanggilmu si nona jelek, tapi aku merasa kau bagus dilihat….”

Nona itu tertawa, lalu berhenti berlari. Dia menyingkap rambutnya.

“Baiklah, sekarang aku memberitahukan kepadamu!” katanya. “Taka pa aku bilang padamu. Aku dipanggil Coe Jie.”

“Coe Jie! Coe Jie!” kata Boe Kie. “Sungguh benar satu anak mustika!”

“Fui!” nona itu meludah. “Namaku bukannya Coe dari Tin Coe yang berarti mutiara, hanya Coe dari Tin-coe, yaitu laba-laba!”

Boe Kie tercengang.

“Mana ada orang yang pakai huruf Coe untuk namanya?” katanya. Ia heran nona itu memakai nama Coe itu, hingga ia menjadi Coe Jie (anak Coe atau si Coe).

“Itu justru namaku!” kata si nona. “Umpama kata kau takut, nah, tak usahlah kau memanggilnya!”

“Apakah itu nama pemberian ayahmu?” Boe Kie bertanya.

“Jikalau ayahku yang memberikannya, kau piker, apakah kau kira aku suka menerimanya?” si nona membalas, “Ibuku yang memberikannya. Ibu mengajarkan ilmu silat Cian Coe Cit-hoe choe, maka ia bilang, aku baiknya memakai nama ini.”

Terkesiap Boe Kie mendengar disebutnya ilmu silat Cian Coe Ciat-hoe choe itu.

“Aku mempelajari itu dari kecil,” si nona menjelaskan tanpa diminta, “Sampai sekarang aku belum dapat menyempurnakan. Jikalau aku sudah mahir maka tak usahlah kita takut pula pada Coat Soe-thay si pendeta wanita bangsat itu. Maukah kau melihatnya?”

Sembari berkata begitu, Coe Jie merogoh ke dalam sakunya, untuk menarik keluar sebuah kotak dari emas, yang ia terus buka tutupnya dan di dalam itu lantas terlihat dua ekor laba-laba, yang tubuhnya berkotak-kotak. Punggung laba-laba itu bertitik-titik belang, bertotolan seperti bunga sulaman. Yang aneh pula kalau biasanya berkaki delapan, kedua binatang ini berkaki masing-masing dua belas.

Boe Kie terkejut. Mendadak ia ingat Tok Kang, Kitab Racun karangannya Ong Lan Kouw. Di dalam kitab itu antaranya ada ditulis. “Laba-laba itu ada yang belang. Itulah yang beracun sekali. Laba-laba dengan sepuluh kaki ialah yang paling beracun tak ada bandingan, siapa kena digigit dia tak akan ketolongan lagi.” Kali ini laba-laba berkaki dua belas pasti mereka lebih beracun daripada yang kakinya sepuluh. Sebab di dalam kitab tersebut tidak ada disebut-sebut.

Si nona ketawa melihat kawannya ketakutan.

“Kau ahli, kau tahu kegunaannya laba-laba mustika ini!” ia berkata, “Kau tunggu sebentar!”

Ia simpan kotaknya itu lantas ia lari menghampiri sebuah pohon besar, untuk lompat naik ke atasnya. Di situ ia berdiam lama di cabang yang tertinggi, untuk memandang sekitarnya. Ia seperti melihat atau mencari sesuatu. Setelah itu ia lompat turun lagi.

“Mari kita pergi pula barang selintasan,” ia berkata. “Perlahan-lahan saja kita bicara tentang laba-laba. “Ia lantas menarik pula kereta saljunya bermuatan manusia. dia berlari-lari kira-kira tujuh atau delapan li, hingga mereka tiba di sebuah lembah. Di sini ia turunkan Boe Kie dari kereta istimewanya itu, sebagai gantinya, dia memuat beberapa buah batu besar. Lantas ia menarik pula, berlari-lari. Akhirnya ia lari ke tepi jurang, di situ ia berhenti dengan tiba-tiba, keretanya dilepaskan, maka kereta itu bersama batunya terjun ke dalam jurang yang dalam, terdengar suara berisik dari jatuhnya kereta.

Boe Kie heran, ia mengawasi kelakuan nona itu. Ketika ia melihat ke salju, tempat yang tadi menjadi jalanan mereka, ia mendapatkan dua baris tapak kereta salju itu. Ia cerdas dan ia lantas mengerti. Maka di dalam hatinya ia berkata.

“Nona ini sangat cerdik. Jikalau Biat Coat Soe-thay menyusul kita, setibanya di sini, tentu dia bakal menyangka bahwa kita jatuh mati ke dalam jurang itu.”

Coe Jie lantas kembali.

“Mari naik ke atas punggungku!” ia berkata kepada kawannya, di depannya ia berjongkok.

“Kau hendak menggendong aku?” tanya Boe Kie, “Tubuhku berat, kau bakal sangat letih.”

Nona itu mengawasi, matanya melotot.

“Kalau aku letih aku pasti bisa tahu?” ujarnya.

Boe Kie terdiam, ia naik ke punggung nona itu, kedua tangannya merangkul leher si nona perlahan-lahan tanpa bertenaga.

“Apa kau takut merangkul aku keras-keras hingga mati tercekik?” kata nona itu tertawa. “Kau merangkul begini pelan dan kakimu menjepit orang enteng sekali, kau membuat leherku geli saja!”

Boe Kie yang polos, melihat kepolosan si nona ia menjadi girang. Ia lantas merangkul erat-erat dan kedua kakinya menjepit keras.

Mendadak saja si nona bergerak, untuk melompat naik ke atas pohon.

Pohon itu mengarah ke arah barat, di sana terdapat barisan pohon lainnya. Bagaikan kera gesit, dengan cepat nona itu berlompatan dari pohon yang satu ke pohon yang lain, untuk jauh meninggalkan tempat di mana barusan singgah.

Boe Kie kagum bukan main. Nona itu bertubuh kecil, tapi nyata dia kuat sekali. Tubuhnya dapat dibawa berlompatan dan berlari-lari dengan ringan. Setelah melewati kira-kira delapan puluh pohon, hingga mereka sudah pergi jauh. Baru nona itu melompat turun, hingga sekarang mereka berada di pinggiran sebuah gunung. Di situ Boe Kie diturunkan dengan hati-hati.

“Di sini kita membangun gubuk kerbau!” kata nona itu tertawa, “Tempat ini baik!”

“Gubuk kerbau?” Boe Kie heran, “Untuk apakah gubuk kerbau?”

Si nona tertawa.

“Memang gubuk kerbau!” katanya. “Gubuk untuk menempatkan seekor kerbau yang besar! Bukankah kau bernama A Goe, si kerbau?”

Boe Kie tersentak, lantas ia pun tertawa. Nona itu sedang bergurau. Memang namanya A Goe, berarti kerbau.

“Bila begitu, tak usahlah,” ia berkata. “Empat atau lima hari lagi, kakiku tentu sudah sembuh banyak, aku dapat berjalan meskipun dipaksakan….”

“Hm, dipaksakan!” kata si nona, tersenyum. “Kau sudah jadi si jelek tidak karuan, kalau nanti kaki kerbaumu pincang, apa itu bagus dilihat?”

Habis berkata, si nona kembali bekerja. Dengan cabang pohon yang berdaun, ia menyapu salju di batu gunung.

Mengertilah Boe Kie bahwa si nona sangat memperhatikannya. Itulah bukti dari kata-katanya: “…kalau nanti kaki kerbaumu pincang, apa itu bagus dilihat?” Tanpa terasa hatinya jadi tergerak. Iapun lantas mendengar nona itu berjanji perlahan, berjanji sambil bekerja. Dia tidak usah membuang waktu lama akan dapat membangun gubuk yang beratap alang-alang. Gubuk itu cukup besar untuk mereka berdua bernaung di dalamnya.

Tapi Coe Jie masih bekerja terus. Sekarang ia mengangkut salju tak hentinya. Ia menutup gubuk dari atas atap, lalu ke bawah di sekitarnya. Di lain saat, dari tempat jauh gubuk itu tidak kelihatan lagi, kecuali sebagai gundukan salju.

Kembali Boe Kie menjadi kagum.

Habis bekerja, Coe Jie mengeluarkan sapu tangan untuk menyusut keringatnya. Setelah bekerja begitu berat, tubuhnya kepanasan hingga ia mengeluarkan peluh. Namun ia tidak duduk beristirahat.

“Kau tunggu di sini!” katanya. “Aku hendak pergi mencari makanan!”

“Kau beristirahat dulu,” Boe Kie berkata. “Aku belum lapar, kau boleh menunggu sebentar lagi. Kau terlalu letih.”

Nona itu mengawasi.

“Jikalau kau hendak memperlakukanku dengan baik kau harus sungguh-sungguh baik,” dia berkata. “Manis di mulut saja buat apa?” Lantas ia pergi berlari memasuki hutan. Boe Kie terpaksa berdiam. Ia merebahkan dirinya di batu gunung, yang terkurung gubuknya itu. Ia sekarang mempunyai kesempatan untuk memikirkan kelakuan si nona yang polos itu, yang suaranya halus, yang gerak-geriknya genit. Saking polosnya nona itu gampang gusar. Mestinya gerak-gerik itu dipunyai seorang nona cantik, tetapi dia berwajah jelek sekali. Tapi ia lantas ingat kata-kata ibunya di saat hendak menghembuskan nafas terakhir. Kata ibu, “Wanita itu, makin cantik makin pandai dia menipu orang maka terhadap wanita cantik kau harus semakin berhati-hati menjaga diri!”

Coe Jie jelek, tapi dia baik sekali,” pikirnya.

“Aku mempunyai niat mengambil dia sebagai kawan hidupku, tapi dia mempunyai pacar sendiri jadi tidak menaruh hati padaku….”

Tanpa terasa, lama juga Boe Kie berpikir, lantas ia melihat si nona kembali dengan tangannya menenteng dua ekor ayam hutan. Tanpa bicara nona itu bekerja menyalakan api, membakar ayam itu, hingga mereka mencium bau yang wangi, yang membangkitkan selera makan.

“Mari makan!” kata si nona akhirnya. Ia memberikan seekor pada kawannya.

Tanpa sungkan Boe Kie makan ayam itu. Ia pun makan dengan cepat.

“Ini masih ada,” kata si nona sambil tertawa. Ia melemparkan sisa dua potong kaki ayam.

Boe Kie malu hati, hendak ia menolak. Tapi si nona gusar.

“Kalau mau makan, makanlah!” katanya ketus. “Siapa berpura-pura baik terhadapku, mulutnya lain hatinya lain, nanti kita tikam tubuhnya hingga berlubang!”

Tanpa banyak bicara Boe Kie makan ayam itu. Kemudian, untuk mencuci mulutnya, ia pakai salju tebal sebagai air. Lengan tangan bajunya menyusut kering mulutnya berikut mukanya.

Kebetulan Coe Jie berpaling ketika ia melihat muka orang, dia tersentak kemudian mengawasi, Boe Kie heran, ia menjadi curiga.

“Kenapa?” ia bertanya.

“Usiamu berapa?” tanya si nona tanpa menjawab.

“Baru dua puluh tahun tepat.”

“Ah, kau lebih tua dua tahun daripada aku. Mengapa kumismu sudah tumbuh begitu panjang?”

Boe Kie tertawa.

“Dari kecil aku hidup sendirian di gunung,” sahutnya, “Belum pernah aku ketemu orang, maka itu aku tidak berpikir untuk cukur.”

Coe Jie merogoh sakunya untuk mengeluarkan sebilah pisau kecil yang bergagang emas.

“Mari!” katanya. Lantas dengan memegangi muka orang, ia mulai mencukur.

Boe Kie diam saja. Ia merasa pisau yang tajam itu mencukur kumisnya. Ia merasakan juga tangan yagn halus dan lemas dari si nona. Tanpa terasa, hatinya dag dig dug…

Habis mencukur kumis dan janggut, Coe Jie mencukur terus tenggorokan. Tiba-tiba ia tertawa dan berkata, “Asal aku menggunakan sedikit saja tenaga, aku bisa memotong lehermu ini, maka terbanglah jiwamu! Kau takut tidak?”

“Mati atau hidup, aku terserah pada kau, nona,” sahut Boe Kie. “Mati di tanganmu, menjadi setanpun aku senang!”

Coe Jie membalik pisaunya, dan menekan keras ke leher. Mendadak ia membentak, “Nih, jadilah kau setan yang senang!”

Boe Kie kaget, tak sempat ia melawan. Tapi ia tak merasakan sakit, maka ia tersenyum.

“Senangkah kau?” tanya si nona tertawa.

Pemuda itu tertawa, ia mengangguk. Baru ia tahu bahwa ia dipermainkan.

Habis mencukuri muka orang, Coe Jie mengawasi. Ia bengong saja. Beberapa lama, lalu terdengar helaan nafasnya.

“Eh, kau kenapa?” tanya Boe Kie heran.

Nona itu tak menyahuti, ia lantas memotong rambut orang, untuk dibikin sedikit pendek, setelah itu ia membuat konde. Sebagai tusuk kondenya, ia meraut cabang pohon.

Diriasi begitu, walaupun pakaiannya butut, Boe Kie tampak cakap dan gagah.

Lagi-lagi si nona menghela nafas.

“Goe koko,” katanya perlahan, kagum. “Aku tidak sangka, kau sebenarnya berwajah begini tampan….”

Boe Kie cepat menyahut, nona itu tentu menyesali wajahnya sendiri, maka ia berkata, “Di dalam dunia ini, apa yang bagus, di dalamnya suka mengeram apa yang jelek. Burung merak begitu indah bulunya tapi nyalinya beracun. Jengger burung boo yan merahpun bagus sekali tapi racunnya bukan main. Demikian binatang lainnya, seperti ular, bagus dilihatnya tapi jahatnya berlebihan. Wajah tampan apa faedahnya? Yang penting hatinya baik.”

Mendengar itu si nona tertawa dingin.

“Hati baik apa faedahnya?” ia tanya. “Coba kau jelaskan!”

Ditanya begitu, Thio Boe Kie tidak segera dapat menjawab. Dia tersentak sejenak.

“Siapa berhati baik, dia tak dapat melukai orang,” katanya kemudian.

“Tidak mencelakai orang apakah kebaikannya?” tanya Coe Jie.

“Jikalau kau tidak membunuh orang maka hatimu menjadi tenang,” Boe Kie menjelaskan.

“Jika aku tidak mencelakai orang, hatiku justru tidak tenang,” kata si nona. “Kalau aku mencelakai orang hingga hebatnya bukan kepalang hatiku barulah tenang dan girang.”

Boe Kie menggelengkan kepala. “Itu artinya kau merampas peri keadilan!” katanya.

Si nona ketawa dingin.

“Kalau bukan mencelakai orang, apa gunanya aku belajar ilmu Cian Coe Ciat-hoe coe?” katanya. “Kenapa aku mesti menyiksa diri, hingga menderita tak habisnya? Apa itu untuk main-main saja!”

Habis berkata ia mengeluarkan kotak kemalanya, membuka tutupnya dan memasukkan kedua telunjuknya ke dalam kotak tersebut.

Sepasang laba-laba belang dalam kotak bergerak perlahan-lahan, lantas mereka menggigit kedua telunjuk itu. Si nona menarik nafas dalam-dalam, kedua lengannya gemetaran, tandanya ia mengerahkan tenaga dalamnya melawan isapan laba-laba itu. Kalau si laba-laba mengisap darah si nona, maka si nona menyedot masuk racun kedua binatang itu ke dalam darahnya.

Boe Kie mengawasi saja. Ia melihat wajah si nona bersungguh-sungguh, di kedua pelipisnya muncul warna hitam, lantas nona itu mengertak gigi, tandanya ia menahan sakit. Selama sejenak, dari hidungnya keluar keringat menetes.

Sekian lama Coe Jie melatih ilmu itu. Sesudah kedua laba-laba mengisap puas darahnya, keduanya lantas melepaskan gigitannya, merebahkan dirinya untuk terus tidur pulas.

Cahaya hitam di pelipis Coe Jie lenyap dengan cepat, kulitnya menjadi segar kembali. Dia menghela nafas, Boe Kie merasakan hawa nafas itu berbau harum, hanya berbeda, ia merasa kepalanya pusing mau pingsan. Itulah tandanya hawa itu beracun hebat.

Coe Jie yang meram sejak mula, membuka kedua matanya. Ia tersenyum.

“Sampai bagaimana latihan itu baru sempurna?” tanya Boe Kie.

“Setiap laba laba ini,” menyahut si nona, “mestinya tubuhnya dari belang menjadi hitam, dari hitam menjadi putih. Dengan begitu habislah racunnya dan mati dengan sendirinya. Racunnya masuk dalam telunjukku. Untuk menjadi sempurna, aku mesti menghabiskan seribu laba laba. Untuk mencapai puncak kesempurnaan, aku harus menghabiskan lima ribu sampai selaksa ekor masih belum cukup.”

Boe Kie heran, hatinya jeri.

“Dari mana didapatkan begitu banyak laba laba belang?” tanyanya.

“Di satu pihak dia mesti dipelihara, supaya dia dapat beternak,” menyahut Coe Jie, “Dilain pihak dia mesti dicari di temapt kehidupannya.”

Boe Kie menghela nafas.

“Dikolong langit terdapat banyak sekali ilmu kepandaian, mengapa mesti menyakinkan yang begitu beracun?” katanya.

Si nona tertawa dingin, “Memang amat banyak ilmu kepandaian di kolong langit ini, tetapi tidak ada satu yang dapat melawan Ciat hoe cioe ini.” katanya. “Kau jangan anggap tenaga dalammu sudah mahir, jikalau nanti aku telah berhasil melatih, tidak nanti kau dapat bertahan, untuk satu tusukan saja telunjukku ini!”

Sambil berkata, si nona menusuk batang pohon didekatnya. Sebab dia belum mahir dengan ilmunya itu, jarinya hanya masuk setengah dim.

“Kenapa ibumu mengajar ilmu ini?” Boe Kie tanya pula. Ia heran, “Apakah ibumupun mempelajarinya juga?”

Mendengar disebut ibunya, mata Coe Jie tiba2 bersorot tajam dan bengis, bagaikan seekor raja hutan hendak menerkam manusia, ia lantas berkata nyaring. “Siapa mempelajari Cian coe Ciat hoe cioe ini, setelah ia menghabiskan delapan ratus ekor, hingga tubuhnya sudah penuh dengan racun, romannya berubah, dan setelah seribu ekor, romannya akan bertambah jelek. Ibuku telah menghabiskan hampir lima ratus ekor ketika ia bertemu ayahku. Ia kuatir ayah tak menyukainya karena romannya sangat jelek, ia terpaksa menghentikan latihannya. Kesudahannya ia menjadi wanita tanpa tenaga, tenaganya lenyap, umpama kata, ia tak sanggup menyembelih seekor ayam. Benar ia menjadi cantik tapi iapun lantas dihinakan madunya serta kakakku. Ia tak dapat melawan, hingga akhirnya ia membuang jiwanya. Maka hm! Apa gunanya paras elok? Ibuku seorang wanita sangat cantik dan halus, tapi sebab tak mendapat anak laki laki, ayahku menikah pula….”

Sinar mata Boe Kie menyapu wajah nona itu. “Jadinya kau……kau mempelajari ilmu….” Katanya perlahan.

“Benar!” si nona menyahut cepat. “Karena belajar ilmu ini, romanku jadi jelek begini, hingga laki laki tak berbudi itu tidak memperdulikan lagi padaku. Jikalau nanti pelajaranku selesai, akan kucari padanya. Bila disisinya tidak ada lain wanita, ya sudah saja….”

“Kau toh belum menikah dengannya?” tanya Boe Kie. “Bukankah diantara kamupun tidak ada janji ikatan jodoh? Hanya….hanya…”

“Omonglah terus terang!” kata si nona. “Takut apa? Bukankah kau hendak membilang bahwa aku menyintai dia sepihak saja, ialah hanya pihakku sendiri? Apa salahnya? Aku telah menyintai dia, maka aku larang dia mempunyai lain pacar! Dia tak berbudi, biarlah dia nanti merasai telunjukku ini, telunjuk Cian Coe Ciat-hoe cioe!”

Boe Kie tersenyum. Ia tidak mau mengadu omong pula. Di dalam hatinya, ia merasa, bahwa Coe Jie bertabiat luar biasa sekali. Baik, ia sangat baik, tapi selagi gusar ia sangat galak dan tidak mengenal aturan lagi. Ia menjadi ingat pula kata2 guru besarnya, paman gurunya yang kesatu dan kedua, bahwa di dalam Rimba Persilatan ada perbedaan antara yang sesat dan yang lurus, maka ia percaya Cian Coe Ciat hoe cioe ini ialah pelajaran sesat, bahwa ibunya Coe Jie mungkin seorang sebangsa siluman. Karena ini, tanpa berasa, ia menjadi rada jeri terhadap si nona……

Coe Jie tak mendapat tahu apa yang orang pikir, ia berlari lari keluar dan kedalam, mondar mandir, memetik berbagai macam bunga, maka dilain saat gubuk mereka telah terpajang rapih, menarik hati untuk dipandang.

“Coe Jie” kata Boe Kie, “Setelah sakit kakiku sembuh, aku nanti pergi mencari daun obat obatan untuk mengobati bengkak mukamu yang beracun itu…..”

Mendengar itu, si nona nampaknya ketakutan.

“Tidak, tidak!” katanya “Aku telah menyiksa diri sekian lama, baru kuperoleh kepandaian seperti ini! apakah kau hendak memusnahkan kepandaianku?”

“Bukan!” katanya cepat. “Mungkin kita dapat memikir semacam obat. Memakai mana kepandaianmu boleh tak usah lenyap, asal keracunan di muka saja yang hilang tak berbekas”.

“Tidak dapat!” si nona berkata pula. “Bila ada semacam obat atau cara, mustahil ibuku tak mendapat tahu? Kepandaian ini adalah kepandaian turunan. Kupikir, yang bisa berbuat itu mungkin Cuma Tiap kok Ie sian Ouw Ceng Goe yang lihay ilmu pengobatannya, hanya sayang banyak tahun dia telah meninggal dunia”.

“Kau kenal Ouw Ceng Goe?” tanya Boe Kie.

Coe Jie mementang matanya, ia kelihatannya heran.

“Apa?” katanya. “Adakah aneh untuk mengetahui dia? Nama Tiap Kok Ie Sian toh memenuhi seluruh negara! Siapakah yang tidak tahu?” ia menghela nafas, dan ia berkata pula. “Taruh kata dia masih hidup, apakah gunanya itu? Dialah yang dijuluki ‘Melihat kematian tak menolong’!”

Boe Kie tidak membilang apa apa, akan tetapi didalam hatinya, ia berkata “Nona ini sangat baik terhadapku, mesti aku balas kebaikkannya ini. dia tidak tahu semua kepandaiannya Tiap kok iIe sian telah diwariskan kepadaku. Baiklah, sekarang aku jangan membilang apa2 padanya, hanya dibelakang hari nanti, aku dayakan untuk mengobati mukanya ini, supaya dia kaget dan girang!”.

Selama itu, langit sudah gelap, maka keduanya lantas rebah bersandar di batu gunung untuk tidur. Boe Kie dapat pulas, hanya tengah malam, ia mendusin dengan tiba tiba, telinganya mendengar tagisan isak2 tertahan. Ketika ia membuka matanya, kawannya lagi menangis sedih. Ia mengulur tangannya meraba pundak nona itu, menepuk dua kali.

“Jangan nangis, Coe Jie” ia menghibur. “Jangan bersusah hati….”

Tapi justru karena ditegur, Coe Jie tidak dapat menahan lagi kedukaannya. Dengan menyenderkan kepalanya dipundak orang ia menangis mengerung2.

“Kau kenapa Coe Jie?” Boe Kie tanya perlahan. “Ada apa? Apakah kau ingat ibumu? Benarkah?”

Coe Jie menggangguk perlahan.

“Ibu telah menutup mata.” Katanya. “Aku jadi sebatang kara. Siapa juga tidak menyukai aku….., siapa juga tidak mau baik denganku…”

Boe Kie menggunakan tangan bajunya untuk mengelap air mata nona itu.

“Aku menyukai kau, aku dapat berlaku baik terhadapmu,” sahut Coe Jie. “Orang yang kucintai tidak perdulikan aku, ia memukul aku, iapun mau menggigit aku…..”

“Lupakan laki2 tidak berbudi itu,” kata Boe Kie “Aku akan menikah dengan kau, seumurku nanti akan perlakukan kau dengan baik.”

“Tidak! Tidak!” Coe Jie berseru. “Tidak dapat aku melupakan dia! Jikalau lagi sekali kau menganjurkan aku melupakan dia, untuk selamanya aku tidak akan peduli padamu!”.

Boe Kie heran, malu dan jengah. Syukur cuaca gelap, jika tidak, akan terlihat mukanya yang merah.

Keduanya berdiam.

“A Goe koko, apakah kau gusar padaku?” kemudian nona itu bertanya.

“Aku tidak gusar, aku hanya menyesalkan diriku sendiri.” Jawabnya. “Tidak selayaknya aku bicara seperti barusan padamu”.

“Tidak, tidak demikian. Kau bilang kau suka menikah denganku, bahwa seumurmu kau hendak perlakukan baik padaku. Senang aku mendengar kata2mu itu. Coba kau mengulangi sekali lagi.”

Tapi Boe Kie menjadi tidak senang.

“Kau tidak dapat melupakan orangmu itu perlu apa aku bicara lagi?” katanya.

Coe Jie mencekal tangannya Boe Kie dan berkata dengan suara lemah lembut. “A goe koko, jangan kau gusar. Aku mengku bersalah. Kalau kau benar2 menikah denganku, kubisa membutakan kedua matamu dan mungkin juga, aku akan mengambil jiwamu”.

Boe Kie kaget. “Apa kau kata?” ia menegas. “Sesudah kedua matamu buta, kau tak akan bisa melihat lagi romanku yang jelek” katanya perlahan “Kau tak akan bisa lagi memandang lagi wajah nona Cioe dari Goe Bie pay yang cantik manis. Andaikata, sesudah buta, kau masih juga belum dapat melupakan dia. Aku akan membinasakan kau dan kemudian mengambil jiwa sendiri.” Ia memberi jawaban yang hebat itu dengan suara tenang2 saja, seolah2 apa yang dikatakannya adalah hal yang wajar. Waktu mendengar “nona Cioe dari Goe Bie pay” jantung Boe Kie memukul terlebih keras.

Mendadak, baru saja Coe Jie selesai bicara di kejauhan terdengar suara seorang tua.

“Nona Cioe dari Goe Bie pay mempunyai hubungan apakah dengan kamu berdua?”

Coe Jie melompat bangun. “Biat Coat Soe thay!” bisiknya.

Tapi, biarpun ia hanya berbisik, perkataannya sudah didengar oleh orang itu yang lantas saja menjawab. “Benar, Biat Coat Soe thay” Waktu orang itu berbicara pertama kali, ia masih berada jauh tapi waktu bicara kedua kali, ia sudah berada disamping gubuk.

Coe Jie mengenal bahaya. Ia sebenarnya ingin kabur dengan mendukung Boe Kie, tapi sudah tidak keburu lagi.

Sesaat kemudian, orang itu membentak dengan suara dingin. “Keluar! Apa kamu mau bersembunyi seumur hidup?”

Sambil memapah dan menyekel tangan Boe Kie, Coe Jie menyingkap tirai rumput dari gubuknya dan bertindak keluar. Dalam jarak kira2 setombak dari gubuknya, berdiri seorang pendeta tua yang rambutnya putih dan ia itu memang bukan lain daripada Ciang boen jin Goe bie pay Biat coat Soethay. Dari sebelah kejauhan mendatangi dua belas orang yang kemudian berdiri berjejer di kedua samping pendeta wanita itu. Mereka itu adalah murid2 Goe bie pay empat nie kouw (pendeta wanita) empat orang wanita biasa dan empat laki2 yang berdiri di barisan belakang dan diantaranya mereka terdapat Teng Bin Koen dan Cioe Cie Jiak.

Dalam kalangan Goe bie pay selama beberapa turunan, yang memegang tampuk pimpinan selalu wanita dan murid lelaki tidak pernah diberikan pelajaran ilmu silat yang paling tinggi, sehingga oleh karenanya, kedudukan murid lelaki lebih rendah daripada murid wanita.

Dengan sorot mata dingin, tanpa mengeluarkan sepatah kata, Biat Coat Soethay mengawasi Coe Jie.

Mengingat kebinasaan Kie Siauw Hoe, Boe Kie sangat berkuatir. Sambil menyandarkan diri di punggung Coe Jie, diam2 dia mengambil keputusan, bahwa jika si pendeta wanita menyerang, mestipun mesti binasa, ia akan mengadu jiwa.

Beberapa saat kemudian, seraya mengeluarkan suara di hidung, Biat Coat mengenok ke arah Tian Bin Koen dan bertanya “Apa budak kecil itu?”

“Benar!” jawabnya.

Tiba2, “Krak!….krak!….” Coe Jie mengeluarkan suara kesakitan, tulang kedua pergelangan tangannya patah, dan ia rebah dalam keadaan pingsan.

Boe Kie sendiri terpaku dan ternganga. Ia hanya melihat berkelebatnya bayangan warna abu2 dan Coe Jie sudah terguling. Dengan kecepatan luar biasa ia menyerang, dan dengan kecepatan luar biasa pula, ia balik ke tempatnya yang semula, dimana ia kembali berdiri tegak bagaikan satu pohon tua di tengah malam yang sunyi itu. Gerakan yang secepat itu sudah mrengaburkan mata Boe Kie yang jadi terkesima dan hanya bisa mengawasi tanpa berdaya.

Sesudah memperlihatkan kepandaiannya, denga sorot mata bengis Biat Coat mengawasi Boe Kie. “Pergi!” bentaknya.

Cioe Ci Jiak maju setindak dan berkata seraya membungkuk. “Soehoe ia tidak dapat berjalan, mungkin kedua tulang betisnya patah.”

“Buatlah dua buah soat kio untuk membawa mereka”, memerintah sang guru (Soat kio semacam kereta salju tidak beroda).

Murid2 itu mengiakan dan kecuali Teng Bin Koen yang belum sembuh dari lukanya, mereka segera melakukan apa yang diperintah. Sesudah selesai, dua orang murid wanita lalu mengangkat Coe Jie dan lalu menaruhnya di kereta yang satu, sedang dua orang murid pria menaruh Boe Kie di kereta yang lain. Sambil menyeret kedua kereta itu, mereka mengikuti Biat Coat ke arah barat.

Dengan penuh kekuatiran, Boe Kie memasang kuping untuk mendengari gerak gerik Coe Jie. Sesudah melalui belasan li, barulah ia mendengar rintihan si nona. “Coe Jie bagaimana keadaanmu?” tanyanya dengan suara nyaring. “Apakah kau mendapat luka didalam?”.

“Dia mematahkan pergelangan tanganku. Tapi aku tidak mendapat luka di dalam” jawabnya.

“Bagus” kata Boe Kie, “Gunakanlah sikut kiri untuk membentur lengan kananmu, tiga coen lima hoen dibawah tekukan lengan. Sesudah itu, gunakanlah skut kananmu untuk membentur lengan kiri, tiga coen lima hoen dibawah tekukan lengan. Dengan berbuat begitu, rasa sakit akan berkurang”.

“Sebelum Coe Jie menjawab, Biat Coat sudah mengeluarkan suara “Ih!” dan mengawasi Boe Kie dengan mata mendelik “Bocah! Kau mengerti ilmu ketabiban.” Katanya “Siapa namamu?”

“Aku she Can, namaku A Goe” jawabnya.


“Siapa gurumu?” tanya pula si nenek.

DONASI VIA TRAKTEER Bagi para cianpwe yang mau donasi untuk biaya operasional Cerita Silat IndoMandarin dipersilahkan klik tombol hati merah disamping :)

Posting Komentar