Kisah Membunuh Naga (To Liong To/ Bu Kie) Bagian 49

Kisah Membunuh Naga (To Liong To/ Bu Kie) Bagian 49
Chin Yung/Jin Yong
-------------------------------
-----------------------------

Bagian 49
Dengan demikian, aku justru terjerumus ke dalam jebakan yang dipasang oleh binatang Seng Koen. Sudahlah! Aku harus menelan semua hinaan. Hanya dengan begitu barulah aku bisa membalas sakit hati kedua orang tuaku dan Gie-hoe.

Sesudah melepaskan Goan im, ia berkata dengan suara perlahan, Matamu bukan dibutakan oleh Thio Ngo Hiap. Janganlah mendendam begitu hebat. Apalagi sesudah Thio Ngo Hiap bunuh diri, semua sakit hati sebenarnya sudah harus habis. Taysoe adalah seorang pertapa yang tentu tahu, bahwa dunia ini penuh dengan kekosongan. Perlu apa Taysoe begitu sakit hati?

Sesudah lolos dari lubang jarum, Goan im berdiri terpaku dan mengawasi Boe Kie dengan mata membelalak tanpa bisa mengeluarkan sepatah katapun. Melihat pemuda itu mengangsurkan sian-thungnya seperti orang linglung ia menyambut dan sesaat kemudian ia mengundurkan diri dengan menundukkan kepala.

Melihat hebatnya Boe Kie, Cong Wie Hiap kaget bercampur heran. Tapi sebab ia sudah turun ke dalam gelanggang tak dapat ia memperlihatkan kelemahannya. Orang she Can! teriaknya. Siapa sebenarnya yang sudah menyuruh kau berbuat begini? Aku bukan suruhan orang, jawabnya. Aku bertindak demi keadilan dengan harapan agar enam partai dan Beng Kauw bisa berdamai.

Cong Wie Hiap mengeluarkan suara di hidung, Tak mungkin aku berdamai dengan Beng Kauw, katanya dengan kaku. Bangsat tua she In itu hutang tiga pukulan Cit siang koen. Sesudah aku menghajar dia, kita boleh bicara lagi. Seraya berkata begitu ia menggulung tangan bajunya.

Cong Cianpwee tak henti-hentinya menyebut Cit siang koen, kata Boe Kie. Tapi menurut penglihatan boanpwee, latihan Cianpwee dalam ilmu itu masih jauh dari cukup. Dalam tubuh manusia terdapat Ngo heng. Jantung berarti Api, paru-paru berarti Emas, ginjal berarti Air, nyali berarti Tanah dan hati berarti Kayuz. Disamping itu terdapat dua macam Khie (hawa), yaitu Im dan Yang (negative dan positif) sehingga semuanya berjumlah tujuh unsur. Begitu seseorang terburu-buru melatih diri dalam ilmu Cit siang koen maka ketujuh unsur itu akan terluka semua. Makin tinggi latihannya makin hebat luka di dalam badannya. Sebelum ilmu itu dapat melukai musuh, ilmu tersebut lebih dulu melukai diri sendiri. Untung juga latihan Cianpwee masih belum tinggi sehingga luka Cianpwee masih dapat diobati. (Cit siang koen berarti ilmu pukulan tujuh luka)

Cong Wie Hiap terkejut. Keterangan pemuda itu sesuai dengan apa yang tertulis di dalam kitab Cit siang koen! Di dalam kitab itu diperingatkan keras bahwa seseorang yang mau melatih Cit siang koen harus mempunyai Lweekang yang sangat tinggi harus mencapai di mana Khie (hawa) yang dikerahkan bisa menerobos masuk ke dalam semua jalan darah yang terdapat di dalam tubuh manusia. Siapa yang belum mencapai tingkat setinggi itu dilarang mempelajarinya. Tapi Cong Wie Hiap tak menggubris. Begitu ia merasa tenaga dalamnya sudah cukup kuat, ia segera melakukan latihan Cit siang koen. Latihan itu benar saja banyak menambah tenaganya, karena belum merasakan bahaya, ia lupa daratan. Sekarang mendadak ia mendengar perkataan Boe Kie dan lantas saja ia jadi kaget. Mengapa kau tahu? tanyanya tanpa sadar.

Sebaliknya dari menjawab pertanyaan itu, Boe Kie berkata, Cong Cianpwee, bukankah kau sering merasa sakit pada In boen hiat di pundakmu? In boen hiat berhubungan dengan paruparu. Itu berarti paru-paru Cianpwee sudah terluka. Bukankah Ceng leng hiat Cianpwee di lengan terasa gatal-gatal? Ceng leng hiat berhubungan langsung dengan jantung dan itu berarti bahwa jantung Cianpwee telah terluka. Setiap hawa lembab dan turun hujan, betis Cianpwee di bagian Ngo lie hiat terasa lemas. Bukankah begitu? Ngo lie hiat berhubungan dengan hati dan aku berani mengatakan bahwa hati Cianpwee juga ikut terluka. Makin lama Cianpwee berlatih, tanda-tanda itu akan makin terasa. Kalau Cianpwee berlatih terus enam tujuh tahun lagi, maka sekujur tubuh Cianpwee akan menjadi lumpuh. Cong Wie Hiap mendengar keterangan itu dengan keringat dingin turun menetes dari dahinya. Boe Kie mengerti seluk beluk Cit siang koen sebab ia pernah mendapat teorinya dari Cia Soen. Belakangan, sesudah mahir dalam ilmu ketabiban, ia mengerti juga bahaya-bahaya dari ilmu pukulan itu, hingga demikian ia dapat menyebutkan tanda-tandanya secara tepat sekali.

Dilain pihak, selama beberapa tahun Cong Wie Hiap pun sudah merasa bahwa ada sesuatu yang kurang beres dalam tubuhnya. Tapi lantaran penyakit itu enteng rasanya dan juga seperti lumrahnya manusia kebanyakan, ia takut menghadapi tabib maka sejauh ini ia belum pernah berusaha mengobati ketidak beresan itu. Sekarang ia takut setengah mati dan parasnya berubah pucat. Ia mengawasi Boe Kie dengan mata terbuka lebar dan beberapa saat barulah ia bisa membuka mulut, Kau bagaimanakau tahu? Pemuda itu tertawa tawar. Boanpwee mengenal ilmu ketabiban, sahutnya. Jika Cianpwee percaya, sesudah urusan ini beres, boanpwee bersedia mengobati. Tapi bagi Cianpwee Cit siang koen banyak bahayanya dan tiada gunanya. Sebaiknya Cianpwee tidak berlatih ilmu itu lagi.

Si tua coba ngotot terus. Cit siang koen adalah ilmu terhebat dari Khong tong-pay sehingga bagaimana bisa kau katakana bahwa ilmu itu banyak bahaya dan tiada gunanya? tanyanya. Dahulu Ciang boen Soe cow kami, yaitu Bok Leng Coe telah mengguncang seluruh Rimba Persilatan. Nama harumnya dikenal di empat penjuru dan ia berusia sampai sembilan puluh satu tahun. Inilah bukti bahwa Cit siang koen tidak mencelakai orang yang mempelajarinya. Bocah! Kau jangan bicara sembarangan!

Kalau begitu, bisalah dipastikan bahwa Lweekang Bok Leng Coe cianpwee sudah mencapai taraf yang cukup, kata Boe Kie. Seseorang yang tenaga dalamnya cukup tentu saja boleh berlatih ilmu tersebut. Ia bukan saja tidak akan mendapat bahaya malah akan memperoleh keuntungan besar karena Cit siang koen dapat memperkuat isi perut manusia. Kalau Cianpwee tidak percaya omonganku, terserahlah. Tapi boanpwee tetap berpendapat bahwa Lweekang Cianpwee belum cukup tinggi untuk berlatih Cit siang koen.

Cong Wie Hiap adalah salah seorang tetua Khong tong-pay dan jago ternama dalam Rimba Persilatan. Tapi sekarang, di hadapan tokoh-tokoh berbagai partai, ia didesak oleh seorang pemuda yang tidak dikenal. Bukan saja terdesak, tapi ilmu terhebat partainya dikatakan sebagai ilmu tak berguna. Dapatlah dimengerti kalau darahnya langsung mendidih. Bocah! bentaknya dengan mata melotot. Kalau kau bilang Cit siang koen tidak berguna, cobalah jajal!

Boe Kie kembali tertawatawar. Cit siang koen memang ilmu yang hebat, katanya. Aku tidak mengatakan bahwa ilmu itu tak berguna. Maksudku hanya bahwa jika Lweekang seseorang belum cukup tinggi, biarpun dia berlatih lama, latihan itu tiada gunanya. Dengan berdiri di belakang para soecinya, Cioe Cie Jiak mengawasi pemuda itu. Di dalam hati ia merasa geli. Paras muka Boe Kie masih agak kekanak-kanakan tapi dengan sikap seperti orang tua yang berpengalaman, ia memberi nasehat pada salah seorang tetua dari Khong tong-pay dan hal itu seolah-olah gurauan. Murid-murid Khong tong-pay yang berusia muda merasa gusar dan ingin sekali menghajar Boe Kie. Tapi karena melihat Cong Wie Hiap mendengarkan setiap perkataan pemuda itu dengan penuh perhatian, mereka tidak berani bertindak sembrono. Apakah kau berpendapat bahwa Lweekangku belum cukup? tanya Cong Wie Hiap.

Cukup atau tak cukup, aku tak tahu, jawabnya. Tapi menurut penglihatanku, waktu berlatih Cit siang koen, Cianpwee telah terluka sehingga sebaiknay latihan itu tidak diteruskan. Jiako tak usah meladeni semua omong kosong! tiba-tiba terdengar suara bentakan seseorang di belakangnya. Dia menghina Cit siang koen kita, biarlah dia rasakan pukulanku. Hampir berbarengan, satu pukulan yang hebat menyambar Leng tay hiat di punggung Boe Kie. Leng tay hiat adalah salah satu hiat penting yang membinasakan. Jangankan Cit siang koen, pukulan yang biasa sekalipun bisa membinasakan jika kena tepat di bagian itu. Dalam tekadnya untuk menaklukan keenam partai dengan Kioe yang Sin kang, biarpun tahu sedang dibokong orang, Boe Kie tidak memutar badan dan membalas, ia berkata pula kepada Cong Wie Hiap, Cong Cianpwee.

Mendadak terdengar kerincingan rantain disusul dengan bentakan, Tua bangka! Jangan bokong orang! Itulah bentakan Siauw Ciauw yang segera meninju kepala si pembokong. Orang itu menangkis dengan tangan kirinya sedang tinju kanannya sudah mampir tepat di Leng tay hiat Boe Kie. Semua orang terkesiap tapi pemuda itu sendiri tidak bergeming. Ia mengambil sikap acuh tak acuh bahkan tidak mengerahkan tenaga dalam untuk menolak tenaga pukulan itu. Siauw Ciauw, katanya seraya tertawa. Kau tak usah khawatir. Pukulan Cit siang koen itu sedikitpun tiada gunanya.

Muka si nona yang putih lantas saja bersemu merah. Dengan jengah ia berkata, Aku lupaaku lupa kau sudah belajar. Ia tidak meneruskan perkataannya dan buru-buru meloncat mundur sambil menyeret rantai.

Boe Kie memutar tubuh dan melihat si pembokong adalah seorang kakek yang batok kepalanya besar dan tubuhnya kurus. Dia adalah tetua keempat dari Khong tong-pay namanya Siang Keng Cie. Mukanya sudah berubah pucat dan ia berkata dengan suara tergugu. Kau memiliki Kim kong Poet-hoay tee Sin-kang Apa kau murid Siauw lim sie? Sambil tersenyum pemuda itu menjawab, Aku bukan murid Siauw lim sie tapi benar aku pernah belajar ilmu di kuil Siauw lim sie.

Buk! Selagi ia bicara, tinju Siang Keng Cie mampir tepat di dadanya. Sepanjang pengetahuan tetua Khong tong itu, Kim kong Poet hoay tee hanya dapat dipertahankan sambil menahan nafas.

Boe Kie tertawa dan berkata, Kalau seseorang sudah melatih diri dalam Kim kong Poet hoay tee sampai pada puncak kesempurnaan, ia tak akan bisa diserang walaupun ia sedang bicara. Tanpa menggunakan Lweekang, tubuhnya tidak bisa kena segala pukulan. Jika kau tidak percaya kau boleh memukul lagi.

Bagaikan kilat Siang Keng Cie mengirimkan empat tinju geledek. Pemuda itu menerima dengan paras muka berseri-seri.

Siang Keng Cie dijuluki It-koen Toan gak (satu tinju mematahkan gunung). Meskipun julukan itu terlalu mencolok tapi orang-orang yang berusia agak lanjut mengetahui bahwa tetua Khong tong itu memang mempunyai pukulan dahsyat. Bahwa Boe Kie bisa menerima keempat pukulan itu sambil tersenyum-senyum telah mengejutkan semua orang.

Sesudah lama Koen loen dan Khong tong-pay tak begitu akur dan meskipun sekarang mereka bersatu untuk membasmi Beng-kauw, tapi di dalam hati, banyak anggota kedua partai itu masih mengambil sikap bermusuhan. Maka itu, dari barisan Koen loen-pay segera saja terdengar beberapa ejekan.

Lihat, sungguh tinju It-koen Toan gak!

Apakah yang telah dipatahkan Sie koen (empat tinju).

Untung juga Siang Keng Cie berkulit hitam sehingga warna merah pada mukanya tak begitu menyolok.

Dilain pihak, anggota-anggota Siauw lim-pay merasa heran dan banyak pertanyaan muncul dalam hati mereka. Pemuda itu mengatakan bahwa dia sudah pernah belajar ilmu Siauw lim sie. Siapa dia? Kim kong Poet hoay tee tak pernah diturunkan kepada orang luar. Disamping itu, Tong kian Taysoe dalam partai kita, tiada orang lain memiliki ilmu tersebut. Pemuda itu masih begitu muda. Mana bisa dia mempunya ilmu yang harus dilatih selama empat puluh tahun. Sungguh mengherankan. Siapa dia?

Siapa dia?....

Dilain saat, Cong Wie Hiap mengangkat tangannya dan berkata dengan suara menyeramkan, Can heng, aku merasa sangat kagum akan Sin-kangmu. Apa boleh aku menerima pelajaran darimu dalam tiga jurus? Ia menantang karena tahu bahwa tenaga Cit siang koen yang dimilikinya lebih kuat banyak daripada Siang Keng Cie sehingga mungkin sekali ia akan berhasil merobohkan pemuda itu.

Jika nanti Cianpwee sudah berhasil, boanpwee pasti akan menolak, jawabnya. Tapi sekarang, bolehlah boanpwee menerima pukulan Cianpwee.

Dengan gusar Cong Wie Hiap mengerahkan Cin-khie sehingga tulang-tulangnya di dalam tubuh berkerotokan. Ia maju selangkah dan menghantam dada Boe Kie sekuat tenaga.

Begitu tinju menyentuh dada, ia terkesiap sebab tersedot dengan semacam tenaga dan tak mampu menarik kembali tangannya. Dilain saat, dari tinjunya masuk semacam hawa hangat yang terus menerobos ke dalam isi perutnya. Waktu menarik kembali tangannya ia merasa semangatnya terbangun dan sekujur badannya nyaman luar biasa. Ia tertegun sejenak dan lalu mengirimkan tinju kedua ke Boe Kie. Kali ini pemuda itu mengerahkan sedikit Lweekang sehingga ia terhuyung beberapa langkah.

Melihat paras muka kawannya yang sebentar pucat dan sebentar merah. Siang Keng Cie yang berdiri di samping Boe Kie menduga bahwa kawan itu terluka berat. Maka itu waktu Cong Wie Hiap mengirimkan tinju ketiga, iapun menghantam dari belakang sehingga dengan bersamaan dua tinju mampir telak di tubuh Boe Kie, satu di dada satu di punggung.

Semua orang melihat bahwa dua pukulan itu disertai dengan Lweekang yang sangat tinggi. Tapi begitu menyentuh tubuh si pemuda, semua tenaga dalam amblas bagaikan batu yang masuk ke dalam lautan.

Siang Keng Cie tahu bahwa dengan kedudukannya yang tinggi, dalam pembokongannya yang pertama saja, ia sudah melakukan perbuatan tak pantas. Tapi bokongan pertama itu bisa dimengerti dan dimaafkan. Orang bisa menganggap ia berbuat begitu sebab terlalu gusar karena partainya dihina orang. Tapi pembokongan yang kedua merupakan perbuatan hina dan yang tak bisa dibela dengan cara apapun juga.

Waktu memukul ia percaya bahwa Boe Kie akan binasa dengan pukulan itu. Kalau pemuda itu dapat dibinasakan maka menurut jalan pemikirannya ia telah berjasa terhadap keenam partai dalam menyingkirkan seorang pengacau. Mungkin orang akan mencela dia tapi dia bisa menebus ketidak layakan itu dengan jasanya.

Betapa kagetnya karena bokongannya tidak berhasil, dapatlah dibayangkan sendiri.

Bagaimana rasanya badan Cianpwee? tanya Boe Kie kepada Cong Wie Hiap.

Si tua kelihatan terkejut. Sesaat kemudian ia mengangkat tangannya dan berkata dengan suara jengah. Terima kasih atas budi Can-heng yang sudah membalas kejahatan dengan kebaikan, sungguh-sungguh aku merasa malu dan berterima kasih tidak habisnya. Pengakuan itu mengejutkan semua orang.

Ternyata waktu menerima tiga pukulan, Boe Kie telah mengirim Kioe-yang Cin-khie disalurkan ke dalam tubuh si tua. Meskipun pengiriman hawa tulen itu hanya dilakukan dalam waktu sedetik tapi karena Kioe-yang Cin-khie bertenaga dahsyat maka Cong Wie Hiap sudah mendapat keuntungan yang tidak kecil. Jika dalam pukulan ketiga Siang Keng Cie tidak mengadu tinju maka keuntungan yang didapat olehnya akan lebih besar lagi.

Pujian Cianpwee yang begitu tinggi tak dapat diterima olehku, kata pemuda itu dengan suara merendah. Barusan Kie keng Pat meh (pembuluh darah) Cianpwee telah mendapat sedikit bantuan dan sebaiknya Cianpwee mengaso sambil mengerahkan hawa. Dengan demikian racun yang berkumpul dalam tubuh sebagai akibat latihan Cit siang koen akan dapat disingkirkan dalam waktu dua atau tiga tahun.

Cong Wie Hiap yang tahu penyakitnya sendiri buru-buru menyoja dan berkata, Terima kasih, banyak-banyak terima kasih.

Boe Kie berjongkok dan menyambung tulang Tong Boen Liang. Seraya menengok ke Siang Keng Cie, ia berkata, Berikanlah koyo Hwee-yang Giok-liong kepadaku. Siang Keng Cie segera menyerahkan apa yang dipintanya. Cobalah Cianpwee minta Sam hong Po la wan dari Boe tong-pay dan bubuk Giok Cin-san dari Hwa san-pay, kata Boe Kie pula. Permintaan itu lantas dituruti.

Dengan menggunakan rumput Co o koyo Hwee-yang Giok-liong dari partai Cianpwee, sangat mujarab, kata pemuda itu.

Dalam Sam hong Po la wan dari Boe tong-pay terdapat Thiun tiok-hong, Hiong hong dan Tang hong. Ditambah dengan Giok Cin-san maka dalam waktu dua bulan saja kesehatan Tong Cianpwee akan pulih seperti biasa lagi. Seraya berkata begitu dengan cepat ia membalut tulang-tulang Tong Boen Liang yang sudah disambung dan dalam sekejap pekerjaan itu sudah selesai.

Perbuatan Boe Kie kian lama kian mengherankan. Kepandaiannya dalam menyambung tulang tidak akan dapat ditandingi oleh tabib manapun juga. Disamping itu, iapun tahu obat-obat istimewa yang dipunyai oleh setiap partai.

Dengan rasa malu Siang Keng Cie mendukung Tong Boen Liang dan mundur dari gelanggang. Mendadak Tong Boen Liang berteriak, Orang she Can! Bahwa kau telah menyambung tulangku, aku merasa sangat berterima kasih dan di kemudian hari nanti, aku pasti akan membalas budimu. Tapi permusuhan antara Khong tong-pay dan Mo-kauw sedalam lautan. Tak bisa kami sudahi karena budimu. Jika kau anggap melupakan budi, kau boleh mematahkan lagi tulang kaki tanganku.

Mendengar pernyataan itu, hati semua orang timbul perasaan hormat terhadap Tong Boen Liang yang bersifat lebih ksatria daripada Siang Keng Cie. Cara bagaimanakah baru Cianpwee bisa merasa puas dan sudi menyudahi permusuhan ini? tanya Boe Kie.

Cobalah kau perlihatkan ilmu silatmu, jawabnya. Jika Khong tong-pay merasa tak bisa menandingi, barulah kami tak bisa berkata apa-apa lagi.

Dalam Khong tong-pay terdapat banyak sekali orang pandai sehingga biar bagaimanapun juga boanpwee takkan bisa menandingi, sahut Boe Kie sambil tertawa. Tapi karena telah terlanjur,

biarlah boanpwee memperlihatkan kebodohannya. Seraya berkata begitu, matanya mengawasi seluruh lapangan. Di sebelah timur terdapat pohon siong yang tingginya tiga tombak lebih dan rindang daunnya. Perlahan-lahan ia mendekati pohon itu dan berkata dengan suara nyaring,

Boanpwee pernah belajar Cit siang koen dan kini boanpwee ingin memperlihatkan kebodohan sendiri. Boanpwee mohon para Cianpwee supaya tidak menertawai. Semua orang merasa heran. Dari mana bocah itu belajar Cit siang koen? tanyanya di dalam hati. Sesudah berdiam sejenak, tiba-tiba Boe Kie menghafalkan sesuatu yang menyerupai sajak:

Hawa Ngo-heng dicampur Im-yang,

Merusak jantung, melukai paru-paru, hati dan usus,

Tenaga hilang, pikiran kalang kabut,

Semangat terbang!

Tak kepalang kagetnya kelima ketua Khong tong-pay! Mengapa? Karena apa yang dihafal pemuda itu adalah bagian terakhir dari kitab Cit siang koen, suatu rahasia yang belum pernah diturunkan ke orang luar. Dalam kagetnya, mereka tentu saja belum bisa menduga bahwa pelajaran itu telah diturunkan oleh Cia Soen yang telah merampas kitab tersebut kepada Boe Kie.

Sementara itu, setelah mengerahkan tenaga dalam, bagaikan kilat Boe Kie meninju pokok pohon.

Krreek!.... Sebatas pokok yang ditinju, pohon itu terbang dan dubrak! Roboh dalam jarak dua tombak lebih! Di atas tanah hanya berdiri pohon yang tingginya kira-kira empat kaki.

Pukulan pukulan itu bukan Cit siang koen, kata Siang Keng Cie dengan suara tak puas. Cit siang koen adalah semacam pukulan yang di dalam kekerasannya terdapat kelembekan dan di dalam kelembekannya terdapat kekerasan. Pukulan Boe Kie itu biarpun dahsyat luar biasa hanyalah pukulan yang menggunakan tenaga keras

Tapi waktu Siang Keng Cie menghampiri pangkal pohon yang masih berdiri dan memeriksanya, ia terpaku dan mengawasi dengan mulut ternganga. Ia lihat bahwa urat-urat pohon yang terpukul hancur semuanya! Itulah Cit siang koen yang sudah mencapai puncak kesempurnaan!

Ternyata dalam pukulannya itu, Boe Kie telah menggunakan dua macam tenaga. Untuk mencapai maksudnya, mereka harus memperlihatkan hasil dengan segera. Jika ia hanya menggunakan Cit siang koen maka sesudah berselang sepuluh hari atau setengah bulan, barulah pohon itu mati berdiri. Maka itu ia meningju dengan tenaga Cit siang koen yang disertai dengan Yang-kang (tenaga keras) sehingga batangnya patah dan terbang.

Kehebatan Boe Kie disambut dengan sorak-sorai gegap-gempita.

Bagus! seru Tong Boen Liang. Itulah Cit siang koen yang tertinggi. Aku merasa takluk! Tapi bolehkah aku bertanya, dari mana Can Siauw hiap belajar ilmu itu?

Boe Kie tidak menjawab. Ia hanya tersenyum.

Tiba-tiba si tua berteriak, Di mana adanya Kim mo Say-ong Cia Soen! Beritahukanlah! Pemuda itu terkejut. Celaka! ia mengeluh di dalam hati. Dengan memperlihatkan Cit siang koen, aku menyeret Gie-hoe. Jika aku bicara terus terang, peranan damai tidak dapat dipegang lagi olehku.

Sesudah berpikir sejenak, ia bertanya dengan suara lantang, Apakah Cianpwee menganggap kitab Cit siang koen dirampas oleh Kim mo Say-ong? Ha-ha! Cianpwee salah, salah besar!

Kitab itu dicuri oleh Hoen goan Pek lek chioe Seng Koen. Malam itu, ketika terjadi pertempuran di kuil Ceng yang koen, gunung Khong tong san bukankah ada dua orang yang kena pukulan Hoen goan kang? Katakanlah, boanpwee benar atau salah.

Ternyata pada waktu Cia Soen bertempur di Khong tong san dalam usahanya merampas kitab Cit siang koen, Seng Koen yang ingin memperhebat kekacauan dalam Rimba Persilatan,

diam-diam memberi bantuan. Ia melukai Tong Boen Liang dan Siang Keng Cie dengan pukulan Hoen goan kang. Waktu itu Cia Soen sendiri masih belum tahu. Belakangan, atas petunjuk Kong kian Taysoe, barulah ia tahu adanya bantuan itu.

Mengingat kejahatan Seng Koen, tanpa ragu lagi Boe Kie sudah menimpakan kesalahan padanya. Apalagi, pada hakekatnya Boe Kie tidak berdusta seluruhnya sebab memang benar Seng Koen sudah membokong kedua tetua Khong tong dengan maksud tidak baik.

Selama dua puluh tahun lebih Tong Boen Liang dan Siang Keng Cie dihinggapi perasaan ragu. Mendengar keterangan Boe Kie, mereka saling melirik tapi tidak mengatakan apapun juga.

Apakah Can Siauw hiap tahu di mana adanya Seng Koen sekarang? tanya Cong Wie Hiap.

Dengan menggunakan semua kepandaiannya Seng Koen mengadu domba enam partai besar dan Beng-kauw, terang Boe Kie. Belakangan ia menjadi murid Siauw lin dan sebagai seorang pertapa ia memakai nama Goan-tin. Di kuil Siauw lim sie, dia pernah mengajar ilmu silat kepada boanpwee. Jika dusta, boanpwee rela menerima hukuman seberat-beratnya di akhirat dan biarlah boanpwee tidak bisa lahir lagi di dunia.

Barisan Siauw lim-pay lantas saja gempar. Goan-tin adalah murid Kong kiang Seng Ceng dan sesuai dengan peraturan yang sangat keras, kecuali di kuil ini, pendeta-pendeta Siauw lim belum pernah keluar dari pintu kuil. Keterangan Boe Kie bahwa Goan-tin adalah Seng Koen sedikit pun tidak dipercaya oleh mereka.

Tiba-tiba terdengar pujian kepada Sang Buddha dan seorang pendeta yang mengenakan jubah pertapa warna abu-abu berjalan keluar dari barisan Siauw lim. Pendeta itu berparas angker dan tangan kirinya mencengkram tasbih, tidak lain daripada Kong seng, salah seorang dari ketiga pendeta suci. Can Sie-coe, bagaimana kau bernai menuduh murid Siauw lim sie secara sembarangan? tanyanya. Kapan kau belajar silat di kuil kami? Di hadapan orang-orang gagah di seluruh Rimba Persilatan, aku tak bisa membiarkan kau menodai nama harumnya Siauw lim.

Boe Kie membungkuk seraya berkata, Taysoe, janganlah kau gusar. Jika Taysoe bisa memanggil Goan-tin. Taysoe akan segera tahu duduk persoalannya.

Paras muka Kong seng lantas saja berubah menyeramkan. Can Sie-coe, sekali lagi kau menyebut nama soetitku, katanya dengan suara kaku. Kau masih begitu muda, mengapa hatimu begitu kejam?

Mengapa Taysoe mengatakan hatiku kejam? tanya Boe Kie. Aku minta Goan-tin Hweeshio keluar hanya untuk menjelaskan persoalan ini di hadapan para orang gagah.

Goan-tin soetit telah berpulang ke alam baka, kata Kong seng dengan suara perlahan. Ia mengorbankan jiwa untuk partai kami. Sesudah meninggal dunia, nama baiknya tak dapat. Begitu mendengar perkataan Goan tin soetit sekarang sudah berpulang ke alam baka kepala Boe Kie pusing dan paras mukanya berubah pucat. Perkataan Kong seng yang selanjutnya tak dapat ditangkap lagi olehnya. Apa benar dia mati? tanyanya dengan suara terputus-putus.

Tidak tak mungkin.

Kong seng menunjuk sesosok tubuh yang tergeletak di sebelah barat dan berkata dengan suara keras, Kau lihat sendiri.

Boe Kie mendekati. Mayat itu mukanya melesak dan matanya terbuka lebar ternyata memang mayat Goan-tin atau Hoen-goan Pek lek chioe Seng Koen. Ia membungkuk dan meraba dada mayat yang dingin itu, suatu tanda bahwa Goan-tin sudah mati lama juga.

Boe Kie berduka campur girang. Ia tak menyangka bahwa musuh besar ayah angkatnya binasa di tempat itu. Biarpun bukan ia sendiri yang membinasakannya, sakit hati sudah terbalas. Darahnya bergolak-golak dan sambil mendongak, ia tertawa terbahak-bahak.

Bangsat! Oh, bangsat terkutuk! teriaknya. Selama hidup kau melakukan berbagai kejahatan tapi kau mendapat juga bagianmu di hari ini! Suara tawanya yang dahsyat seolah-olah menggetarkan seluruh lembah. Sesudah berteriak, ia menengok ke arah Kong seng dan bertanya, Siapa yang membinasakan Goan-tin?

Kong seng tidka menyahut. Ia melirik pemuda itu dengan mata menyala dan mukanya bersinar dingin bagaikan es.

Yang menjawab Boe Kie adalah In Thian Ceng, Dia telah bertempur dengan anakku, Ya Ong, katanya. Dia mati, anakku terluka.

Boe Kie membungkuk. Di dalam hati ia berkata, Sesudah kena pukulan Han-peng Bian-ciang dari Ceng-ek Hok ong, Goan-tin terluka berat. Karena itu paman berhasil membinasakannya. Sungguh menyenangkan bahwa paman sudah berhasil membalas sakit hati ini. Ia

menghampiri In Ya Ong dan memegang nadinya. Hatinya lega sebab ia tahu bahwa luka sang paman tidak berbahaya bagi jiwanya. Makin lama Kong seng jadi makin gusar. Tiba-tiba ia berteriak, Bocah! Kemari kau untuk menerima kebinasaan!

Boe Kie terkejut, ia menengok dan menegaskan, Apa?

Jelas-jelas kau tahu bahwa Goan-tin soetit sudah binasa tapi kau masih juga berusaha untuk menimpakan segala dosa di atas pundaknya, kata Kong seng. Kau terlalu jahat, dan aku tidak dapat mengampuni kau. Hari ini aku terpaksa membuka larangan membunuh. Pilihlah, kau mati bunuh diri atau dibinasakan olehku.

Pemuda itu jadi bingung. Kebinasaan Goan-tin merupakan ganjaran setimpal bagi dirinya dan kejadian ini sangat menggirangkan, pikirnya. Tapi dengan binasanya pendeta itu, aku tak punya saksi lagi dan urusan jadi makin susah dipecahkan. Bagaimana baiknya?

Selagi ia mengasah otak, Kong seng sudah menerjang. Tangan kanannya menyambar ke leher dengan jari-jari yang dipentang lurus. Hati-hati! Itu Liong Jiauw chioe! seru In Thian Ceng. (Liong Jiauw chioe ilmu pukulan cakar naga)

Dengan sekali berkelit Boe Kie menyelamatkan dirinya, tapi Kong seng adalah salah seorang dari tiga pendeta suci Siauw lim sie dan Liong Jiauw chioe merupakan salah satu pukulan terhebat dari Siauw lim-pay. Baru saja cengkraman pertama gagal, cengkraman kedua yang lebih cepat dan lebih dahsyat sudah menyusul. Boe Kie melompat ke samping. Cengkraman ketiga, keempat, kelima menyambar-nyambar bagaikan hujan dan angin dalam sekejap, pendeta itu seolah-olah seekor naga yang terbang di angkasa sambil mementangkan cakarnya sehingga semua gerakan Boe Kie di bawah kekuasaannya.

Mendadak berbarengan dengan mengapungnya tubuh Boe Kie terdengar suara brett! Di lain saat barulah orang tahu bahwa tangan baju pemuda itu robek dan lengan kanannya tercakar sehingga mengucurkan darah. Di antara sorak-sorai orang Siauw lim-pay terdengar teriakan kaget dari seorang wanita, Boe Kie melirik dan melihat Siauw Ciauw tengah mengawasinya dengan paras muka ketakutan. Thio Kongcoe, hati-hati! teriak si nona.

Sungguh baik nona kecil itu, piker Boe Kie sambil melompat ke belakang karena dengan kecepatan luar biasa Kong seng sudah menubruk lagi.

Begitu cengkraman pertama gagal, cengkraman kedua menyusul dan Boe Kie kembali melompat ke belakang. Selagi yang satu menubruk dan yang satu melompat, mereka tetap berhadapan satu sama lain. Sesudah menubruk delapan sembilan kali, Kong seng masih juga belum berhasil. Jarak antara mereka tetap tidak berubah, yaitu dua kaki lebih. Maka dengan demikian, meskipun Boe Kie masih belum balas menyerang, tinggi rendahnya ilmu ringan badan antara kedua lawan itu sudah bisa dilihat nyata.

Kita tahu bahwa Kong seng menubruk ke depan sedang Boe Kie melompat ke belakang. Tidak dapat disangkal lagi bahwa menubruk ke depan lebih mudah daripada melompat ke belakang. Meskipun begitu Kong seng masih tidak bisa menyentuh badan pemuda itu.

Dengan demikian dapatlah ditarik kesimpulan bahwa dalam ilmu meringankan badan, pendeta itu sudah kalah setingkat. Kalau mau, dengan mudah Boe Kie bisa menyingkir jauh-jauh dari Kong seng.

Mengapa Boe Kie tetap mempertahankan jarak dua tiga kaki dari pendeta itu? Karena ia ingin mempelajari rahasia pukulan Liong Jiauw chioe. Ia menyadari bahwa sesudah mengeluarkan tiga puluh enam macam pukulan, si pendeta menyerang pula dengan pukulan ke delapan yaitu Na na sit (Gerakan mencengkram) yang tadi sudah digunakan. Sesudah itu kedua tangan Kogn seng menyambar dari atas ke bawah. Itulah Chio coe sit (Gerakan merebut mutiara), pukulan kedua belas. Melihat itu, Boe Kie segera mengetahui bahwa Liong Jiauw chioe hanya terdiri dari tiga puluh enam pukulan atau gerakan.

Selama hidup, Kong seng jarang sekali bertempur melawan musuh. Waktu mencapai usia setengah tua, walaupun musuh beberapa kali ia pernah bertemu dengan lawan berat, tapi begitu mengeluarkan Liong Jiauw chioe, pihak lawan segera keteteran. Sejauh itu, ia belum pernah bertempur dengan lawan yang bisa bertahan lebih dari dua belas pukulan. Maka itu, pukulan ketiga belas sampai ketiga puluh enam belum pernah digunakan untuk menghadapi musuh.

Sungguh tak disangka, sesudah mengeluarkan tiga puluh enam pukulan, ia masih juga belum bisa merobohkan Boe Kie. Mau tak mau ia terpaksa mengulangi pukulan-pukulan yang tadi sudah digunakan. Ilmu ringan badan bocah ini memang sangat hebat, pikirnya.

Dengan mengandalkan kegesitannya, ia berhasil menyelamatkan diri dari pukulan-pukulan. Tapi kalau bertempur sungguhan, belum tentu ia bisa melayani dua belas pukulan Liong Jiauw chioe.

Sementara itu, Boe Kie sudah dapat menyelami kehebatan Liong Jiauw chioe. Memang Jiauw hoat (Ilmu mencengkram) yang terdiri dari tiga puluh enam gerakan itu tidak ada cacatnya.

Akan tetapi, sesudah memiliki Kian koen Tay lo ie Sin-kang, dengan mengandalkan Sin-kang tersebut, pemuda itu dapat memecahkan pukulan apapun juga. Sekarang juga ia bisa menghancurkan Liong Jiauw chioe. Tapi ia ragu dan berkata dalam hati, Tidak sukar bagiku mengambil jiwanya, tapi Siauw lim-pay mempunyai nama besar sedangkan Kong seng Taysoe adalah salah seorang dari ketiga pendeta suci. Apabila dengan gegabah lalu aku merobohkannya di hadapan orang banyak, di mana Siauw lim-pay mau menaruh muka? Tapi bila tidak dirobohkan, dia pasti tak akan mau mundur. Ia jadi serba salah.

Tiba-tiba Kong seng membentak, Bocah! Kau kabur bukan Pie Boe!

Boe Kie menjawab, Mau Pie Boe. Dengan menggunakan kesempatan selagi pemuda itu bicara, Kong seng mengirim dua pukulan berantai. Di luar dugaan, seraya melompat Boe Kie terus bicara dengan suara tenang. juga boleh. Tapi bagaimana kalau aku menang? Suaranya bukan saja tenang, tapi juga tak terputus. Kalau seseorang memeramkan kedua matanya, ia tak akan menduga bahwa selama mengucapkan perkataan-perkataan itu, Boe Kie sudah menyelamatkan diri dari tiga serangan Kong seng yang cepat dan dahsyat.

Ilmu ringan badanmu benar-benar hebat, puji si pendeta itu. Tapi kamu jangan harap bisa menandingi aku dalam suatu pertempuran yang sungguh-sungguh.

Dalam Pie Boe, tak seorangpun bisa meramalkan siapa bakal menang, siapa bakal kalah, kata Boe Kie. Usia boanpwee lebih muda daripada Taysoe. Tapi biarpun kalah ilmu, boanpwee

mungkin menang tenaga.

Kalau aku kalah, kau boleh bunuh aku! bentak Kong seng dengan gusar.

Hal ini tak akan berani boanpwee lakukan, kata pemuda itu. Apabila boanpwee kalah, Taysoe boleh berbuat sesuka hati. Tapi jika secara kebetulan boanpwee menang sejurus atau setengah jurus maka boanpwee hanya berharap supaya Siauw lim-pay mundur dari Kong Beng-teng.

Urusan Siauw lim-pay harus diputuskan oleh Soehengku, kata Kong seng. Aku hanya bicara secara pribadi. Aku tak percaya Liong Jiauw chioe tak bisa membereskan kau.

Sebuah gagasan lewat di otak Boe Kie dan ia segera mengambil keputusan, Liong Jiauw chioe dari Siauw lim-pay memang tiada cacatnya, katanya. Ilmu itu adalah Kim na Chioe hoat (Ilmu mencengkram) yang tiada duanya dalam dunia. Hanya sayang latihan Taysoe belum sempurna.

Baiklah! kata Kong seng dengan gusar. Jika kau dapat memecahkan Liong Jiauw chioe-ku, aku akan segera pulang ke Siauw lim sie dan seumur hidup aku tidak akan keluar dari pintu kuil lagi!

Itu boleh tidak usah! kata Boe Kie.

Selagi mereka bertanya jawab, sorak-sorai di seputar lapangan tak henti-hentinya. Semua orang merasa kagum sebab ketika mulut mereka bicara, kaki dan tangan bekerja terus. Waktu mengatakan ilmu ringan badanmu benar-benar hebat Kong seng mengirimkan dua serangan beruntun dan selagi mengatakan tapi kau jangan harap bisa menandingi aku dalam suatu pertempuran yang sungguh-sungguh ia sudah mengirimkan tiga serangan lain. Di antara sorak-sorai yang riuh rendah, setiap perkataan mereka terdengar nyata sekali.

Mendadak sesudah berkata itu boleh tidak usah, tubuh Boe Kie mencelat ke atas, berputar empat kali dan pada setiap putaran badannya mengapung makin tinggi dan kemudian bagaikan daun kering ia melayang-layang ke bawah dan kedua kakinya hinggap di bumi dalam jarak beberapa tombak jauhnya dari tempat semula. Semua orang mengawasi dengan mata membelalak dan sesaat kemudian, tampik sorak gegapgempita memecah angkasa. Belum pernah jago-jago itu melihat ilmu ringan badan yang setinggi itu.

Hampir bersamaan dengan hinggapnya Boe Kie, Kong seng sudah berada di hadapannya. Apa kita sekarang boleh mulai Pie Boe? tanyanya. Baiklah. Taysoe boleh menyerang, jawab Boe Kie.

Apakah kau akan menggunakan lagi siasat kabur? tanya Kong seng pula. Pemuda itu tersenyum, Jika boanpwee mundur setengah langkah saja, boanpwee sudah boleh dihitung kalah, jawabnya.

Walaupun badannya tidak dapat bergerak, Yo Siauw, Leng Kiam, Cioe Tiam, Swee Poet Tek dan yang lain-lain bisa melihat dan mendengar. Perkataan Boe Kie yang terakhir itu mengejutkan mereka. Mereka berpengalaman luas, setiap pukulan Kong seng hebat luar biasa dan untuk menyambut satu pukulan saja sudah bukan urusan gampang. Menurut pendapat mereka, walaupun hebat tapi kalau mau mengharap menang, Boe Kie setidaknya harus bertempur dalam seratus jurus. Selama pertempuran itu, mana bisa ia tidak mundur setengah langkah?

Boleh tak usah begitu, kata Kong seng. Yang menang, biarlah menang secara adil. Yang kalah, biarlah kalah dengan tidak merasa penasaran. Ia terdiam sejenak dan kemudian membentak, Sambutlah! Tangan kirinya mengirimkan pukulan gertakan disusul dengan sambaran tangan kanan yang meluncur ke arah Koat poen hiat di pundak Boe Kie. Itulah pukulan Na in sit. (Gerakan menjambret awan)

Begitu tangan kiri Kong seng bergerak, Boe Kie sudah tahu pukulan apa yang bakal dikeluarkan. Iapun segera membuat serangan gertakan dengan tangan kirinya dan tangan kanannya menyambar ke Koat poen hiat di pundak Kong seng.

Kedua lawan itu menyerang dengan pukulan yang bersamaan. Tapi dalam persamaan itu ada juga bedanya. Bedanya Boe Kie menyerang belakangan tapi tangannya sampai lebih dahulu. Pada detik jari tangan Kong seng masih terpisah dua dim dari pundak Boe Kie, jari tangan pemuda itu sudah mencengkram Koat poen hiat Kong seng yang segera saja merasa jalan darahnya kesemutan dan tangan kanannya tidak bertenaga lagi, tapi Boe Kie segera menarik kembali tangannya.

Untuk sejenak kemudian Kong seng jadi terpaku. Tiba-tiba kedua tangannya menyambar ke Tay yang hiat kiri dan kanan dengan gerakan Chio coe sit. Kejadian tadi terulang lagi, Boe Kie pun menyerang sepasang Tay yang hiat Kong seng dengan Chio coe sit dan seperti tadi biarpun ia menyerang belakangan, kedua tangannya sampai lebih dulu. Tay yang hiat adalah hiat besar yang bila terpukul segera mati. Dengan perlahan Boe Kie mengebut kedua Tay yang hiat lawan dan kemudian dengan sekali berbalik tangan, ia menyentuh Hong hoe hiat di belakang kepala Kong seng dengan gerakan Lo goat sit (Gerakan menjemput rembulan), yaitu pukulan ketujuh belas dari Liong Jiauw chioe.

Begitu Tay yang hiat-nya dikebut, hati Kong seng mencelos dan melihat gerakan Lo goat sit itu ia kaget tak kepalang. Kau mencuri Liong Jiauw chioe Siauw lim-pay! teriaknya. Boe Kie tersenyum, Semua ilmu silat dalam dunia ini diubah oleh manusia, katanya. Belum tentu Liong Jiauw chioe hanya dimiliki oleh Siauw lim-pay.

Kong seng mengawasi pemuda itu dengan mata membelalak. Ia bingung bukan main. Dalam ilmu Liong Jiauw chioe, kepandaiannya lebih tinggi daripada Kong boen dan Kong tie. Bagaimana caranya pemuda itu bisa memiliki salah satu ilmu terhebat dari Siauw lim-pay? Bukan saja memiliki, ia bahkan lebih unggul daripada dirinya sendiri. Bagaimana bisa begitu? Untuk sejenak ia berdiri terpaku tanpa bisa mengeluarkan sepatah kata.

Dengan hari berdebar-debar, ratusan orang mengawasi kedua lawan itu. Mereka merasa heran karena baru saja dua gerakan, kedua lawan itu sudah berhenti. Kecuali beberapa tokoh yang berkepandaian sangat tinggi, yang lain tak tahu siapa menang, siapa kalah. Tapi dengan melihat sikap Boe Kie yang tenang-tenang saja dan alis Kong seng yang berkerut, mereka menarik kesimpulan bahwa pendeta itulah yang jatuh di bawah angin.

Selama ratusan tahun, Liong Jiauw chioe sudah menjadi ilmu silat Siauw lim-pay yang tidak terkalahkan. Jika Boe Kie menggunakan ilmu lain, tak gampang ia memperoleh kemenangan.

Mendadak Kong seng membentak keras sambil melompat dan kedua tangannya menyambar bagaikan hujan dan angin. Dengan beruntun bagaikan kilat cepatnya ia menyerang dengan delapan pukulan yaitu Po hong sit, To eng sit, Boe khim sit, Kouw sek sit, Pi kong sit, To hie sit, Po cam sit dan Sioe koat sit. Boe Kie mengempos semangat dan menyambut dengan delapan pukulan yang sama.

Delapan pukulan berantai yang dikirim Kong seng sedemikian cepatnya sehingga seolah-olah merupakan satu pukulan tunggal yang berisi delapan perubahan. Tapi kalau Kong seng cepat, Boe Kie lebih cepat. Apa yang paling menakjubkan adalah biarpun pemuda itu bergerak belakangan, setiap pukulannya tiba lebih dulu sehingga setiap kali memukul Kong seng harus mundur selangkah.

Dalam sekejap, sambil melangkah mundur untuk ketujuh kalinya, Kong seng mengirimkan Po cam sit dan Sioe koat sit, yaitu pukulan ketiga puluh lima dan ketiga puluh enam. Dilihat dari luar, Po cam sit dan Sioe koat sit banyak cacatnya, tapi sebenarnya kedua pukulan itu adalah yang terhebat dalam Liong Jiauw chioe. Dalam cacatnya tersembunyi jebakan yang

membinasakan. Pada hakikatnya Liong Jiauw chioe adalah ilmu silat keras, akan tetapi dalam kedua pukulan yang terakhir itu, di dalam kekerasan tersembunyi Im jioe. (Kelembekan) Sambil membentak keras Boe Kie maju selangkah dan menyambut dengan Po cam sit dan Sioe koat sit juga, tapi mendadak ia mengubah gerakannya menjadi gerakan Na in sit dan tangannya menerobos masuk ke dalam garis pertahanan Kong seng.

Kong seng girang. Lihat kehebatanku, katanya dalam hati. Saat itu, lengan kanan Boe Kie sudah masuk ke dalam garis pertahanan Kong seng dan ia tidak bisa segera mundur kembali. Bagaikan kilat, si pendeta mengangkat kedua tangannya dan menghantam lengan pemuda itu.

Kong seng adalah seorang taat yang punya perikemanusiaan. Melihat Boe Kie mahir dalam ilmu Liong Jiauw chioe, ia kuatir pemuda itu mempunyai sangkut paut dengan Siauw lim sie.

Di samping itu, dalam gerakan-gerakan yang lalu, beberapa kali jalan darahnya sudah tercengkram tapi Boe Kie sengaja melepaskan. Maka itu, dalam pukulan ini iapun tidak turunkan tangan jahat. Ia hanya ingin mematahkan lengan pemuda itu.

Tapi di luar dugaan, begitu lekas kedua telapak tangannya menyentuh lengan Boe Kie, ia merasakan dorongan semacam tenaga yang halus tapi dahsyat yang dengan mudah dapat menolak tenaga pukulannya.

Hampir bersamaan, kelima jari tangan pemuda itu sudah menempel di dadanya di bagian Tan tiong hiat.

Kong seng runtuh semangatnya, ia merasa bahwa latihannya selama berpuluh tahun sedikitpun tiada gunanya. Ia manggut-manggut dan berkata dengan suara perlahan, Can Siecoe berkepandaian lebih tinggi daripada Loo-lap.

Seraya berkata begitu, lima jari tangan kirinya mencengkram lima jari tangan kanannya. Tapi sebelum ia keburu mengerahkanLweekang untuk mematahkan jari tangan sendiri, mendadak pergelangan tangan kirinyakesemutan dan tenaganya habis. Ternyata jalan darahnya telah dikebut Boe Kie.

Dengan menggunakan Liong Jiauw chioe dari Siauw lim-pay, boanpwee telah mengalahkan Taysoe, kata Boe Kie dengan suara nyaring. Kerugian apakah yang diderita oleh Siauw limpay? Jika boanpwee tidak menggunakan Liong Jiauw chioe, ilmu dari Siauw lim-pay sendiri, dalam dunia yang lebar ini tidak ada ilmu lain yang akan dapat menjatuhkan Taysoe. Tadi karena gusar dan malu, Kong seng ingin mematahkan jari tangannya sendiri supaya seumur hidup ia tidak bisa bersilat lagi. Sekarang, sesudah mendengar perkataan Boe Kie, hatinya jadi lega.

Dilain saat ia mengaku bahwa sepak terjang pemuda itu selalu mencoba melindungi nama baik Siauw lim-pay.

Memang benar, kalua Boe Kie tidak menggunakan Liong Jiauw chioe maka nama baik Siauw lim sie akan jatuh di dalam tangannya dan ia akan menjadi orang yang berdosa. Mengingat begitu, ia merasa berterima kasih dan terharu.

DONASI VIA TRAKTEER Bagi para cianpwe yang mau donasi untuk biaya operasional Cerita Silat IndoMandarin dipersilahkan klik tombol hati merah disamping :)

Posting Komentar