Bentrok Para Pendekar Jilid 19 (Tamat)

Baca Cersil Mandarin Online: Bentrok Para Pendekar Jilid 19 (Tamat)
Jilid 19 (Tamat)

Bentuk pedang itu kuno antik.

Di mata pedang yang kelihatan antik itu terukir empat huruf 'Hiap Gi Bu Siang' yang berarti jiwa satria tiada duanya.

Pedang itu terbual dari emas murni, jelas bukan senjata untuk membunuh orang.

Hanya sebagai lambang hormat mereka terhadap Lian Shia-pik, maka nilai sesungguhnya dari pedang itu tidak terletak dari bobot emasnya, tapi empat huruf yang terukir di batang pedang itu.

'Hiap Gi' atau pendekar pembela kebenaran, jelas makin surut saja nilai luhur kedua huruf itu, apalagi ditambah 'Bu Siang' yang berarti tiada duanya.

Dalam kesan sanubari manusia umumnya, empat huruf itu hanya setimpal dianugrahkan kepada Lian-cengcu yang menjadi pemilik Bu-kau-san-ceng.

Malam telah larut.

Dentam tambur dan hingar-bingar gembreng makin jauh, lalu tak terdengar lagi.

Orang banyak yang tadi hadir dalam ruang besar ini sudah bubar. Dalam ruang besar itu kini tinggal Lian Shia-pik seorang dan sebuah lampu.

Dia kelihatan lelah, seperti merasa sebal dan resah oleh keramaian tadi.

Perlahan ia menyipitkan mata, tangannya mengelus perlahan keempat huruf yang terukir di batang pedang, tangannya enteng elusannya lembut, seperti mengelus di dada sang kekasih yang mempesona.

‘HIAP GIBU SIANG'.

Ia tertawa.

Bukan tawa riang, gembira, bukan tawa yang membangkitkan semangatnya, tapi seringai tawa yang mengandung cemooh dan hina.

Angin malam berhembus masuk lewat jendela, hawa dingin mulai merangsang badan.

Jari-jari Lian Shia-pik yang mengelus pedang mendadak berhenti, seringai tawa yang menghias mukanya juga seketika lenyap. Tapi nada suaranya tetap tenang dan mantap, "Siapa yang berdiri di kebun?"

"Tio Pek-ki." seorang menjawab di luar.

Lian Shia-pik memanggut, "Masuklah."

Dari gerombolan rumpun kembang, Tio Pek-ki beranjak keluar, dengan langkah enteng perlahan menghampiri dengan sikap hormat dan prihatin.

Dia. Siapa lagi kalau bukan Tio Toa, si tukang perahu yang meninggalkan Siau Cap-it Long di kedai arak.

Cahaya lampu menyinari pedang emas, cahaya yang memancar menerangi seluruh lingkup ruang besar itu.

Tio Pek-ki jelas sudah melihat pedang emas itu, tapi dia menunduk pura-pura tidak melihat.

Lian Shia-pik seperti sedang menggumam, "Inilah tanda bukti betapa besar belas kasih para tetua kampung, mestinya aku tidak berani menerima, namun kecintaan itu sungguh sukar untuk aku tolak."

"Bagi seluruh warga perkampungan kita, penghargaan ini rasanya pantas sekali. Tanpa kebesaran dan wibawa Cengcu yang disegani seluruh insan persilatan, mana mungkin penduduk perkampungan ini dapat hidup aman tenteram dan sentosa, penghargaan sekecil ini rasanya cukup setimpal."

Tio Pek-ki mengobral omongan, seolah-olah mewakili para sesepuh kampung, dan pedang emas itu adalah anugrah untuk Bu-kau-san-ceng layaknya.

Lian Shia-pik tertawa-tawa, "Yang benar, aku ini juga orang biasa, mana berani mendapat anugrah Hiap Gi Bu Siang."

Tio Pek-ki masih ingin mengucap rangkaian kata pujian yang lebih muluk, entah kenapa mendadak tenggorokan seperti tersumbat hingga tak mampu bicara lagi. Sebab ia sadar, sorot mata Lian Shia-pik yang tajam dan dingin sedang menatapnya lekat.

Diam-diam Tio Pek-ki bergidik tanpa kedinginan, dengan tersipu dari balik badannya ia keluarkan sebuah buntalan kain panjang, dengan kedua tangan ia angsurkan kepada Lian Shia-pik.

Bungkusan panjang itu berisi sebatang golok, golok yang menggetar dunia persilatan dan ditakuti gembong penjahat yang memusuhi pemilik golok ini.

Kek-lok-to, golok jagal rusa.

Perlahan golok itu keluar dari rangkanya. Mata golok yang dingin kemilau, menyinari wajah Lian Shia-pik nan dingin.

Sinar golok tajam benderang, sorot matanya juga mencorong. Sorot mata yang mencorong bergerak dari ujung kanan ke ujung kiri. Lambat laun rona muka yang semula dingin mulai bersemu merah lalu mengulum senyum. Lian Shia-pik boleh tertawa senang.

Kali ini tawanya tidak mengandung mimik hina atau cemoohan, tapi merasa senang, menang dan puas.

Tapi tawa itu hanya sekilas menghias ujung mulutnya, mendadak sirna tak berbekas lagi.

Sorot matanya setajam pisau menatap muka Tio Pek-ki, "Cara bagaimana golok ini berada di tanganmu?"

"Kuganti dengan beberapa poci arak dan sebungkus kacang goreng," sahut Tio Pek-ki.

"O? Begitu?" seru Lian Shia-pik tak acuh.

"Araknya malah yang paling murah dan sebungkus kacang yang hanya dijual di pasar. Cengcu pasti tidak menduga, golok pusaka yang menggetar dunia, bisa kuperoleh hanya dengan pengorbanan yang tidak berarti."

Sikap Lian Shia-pik memang seperti melenggong.

Dengan bangga Tio Pek-ki berkata lebih lanjut, "Cengcu pasti tidak menduga, Siau Cap-it Long menyuruh aku menggadaikan goloknya ini, maksudnya hanya untuk ditukar beberapa poci arak dan bungkusan kacang. Siau Cap-it Long yang menggetar Kangouw itu kini sudah menjadi setan arak tulen, nama besar Siau Cap-it Long selanjutnya bakal dihapus dari lembar kehidupan insan persilatan."

"Hal ini memang membuat orang tidak menduga."

Tio Pek-ki tertawa, "Kalau seorang hanya ingin minum dan minum tiap hari, betapapun besar dan nyaring nama besarnya, akhirnya pasti luntur dan luluh oleh arak."

Lian Shia-pik manggut-manggut. "Betul, tidak salah."

"Maka dia sudah tidak setimpal menggunakan golok ini," kata Tio Pek-ki lebih jauh, "orang gagah yang setimpal menggunakan golok ini sekarang siapa lagi kalau bukan Cengcu?"

“O? Masa aku?" seru Lian Shia-pik.

"Sekarang umpama menyuruh Siau Cap-it Long membabat rumput dengan golok ini, yakin rumput pun takkan terbabat olehnya."

"Golok jagal rusa ini memang bukan untuk membabat rumput, manfaat utama golok ini tetap satu, hanya membunuh orang."

Tio Pek-ki tertegun, "Membunuh orang?"

"Betul, membunuh orang. Terutama orang yang menganggap dirinya paling pintar."

Sembari bicara golok di tangannya mendadak berkelebat menabas leher Tio Pek-ki.

Waktu batok kepala itu jatuh menggelinding di lantai, sikap dan mimik muka Tio Pek-ki belum berubah. Itulah rasa kaget dan heran, mati pun ia tidak mengerti kenapa Lian Shia-pik justru membunuhnya.

Mata golok yang cemerlang dengan cahayanya tampak bersih tiada noktah darah sedikitpun.

"Golok bagus," dengan jari-jemarinya Lian Shia-pik mengelus golok itu dengan sikap sayang, sorot mata nan memuji, "Betul-betul golok bagus." Mendadak ia mengangkat kepala serta meninggikan suara, "Mana petugas!"

Dua lelaki berseragam hijau sambil mengiakan melangkah masuk.

Lian Shia-pik membungkus kembali golok jagal rusa, katanya, "Cepat kejar Siau Cap-it Long, langsung kembalikan golok ini kepadanya. Katakan kepadanya, hanya orang macam Siau Cap-it Long di dunia ini yang pantas menggunakan Kek-lok-to ini."

Sekilas kedua lelaki itu saling pandang, mimiknya seperti heran dan kaget, tapi tak berani banyak bertanya, begitu menerima buntalan langsung mengundurkan diri.

Setelah keluar dari ruang besar satu di antaranya tak tahan menghela napas, katanya, "Dapat berkenalan dengan sahabat seperti Cengcu kita, hidup Siau Cap-it Long terhitung tidak sia-sia."

Temannya menimbrung, "Sikap Cengcu terhadap Siau Cap-it Long rasanya cukup adil, benar lagi penuh rasa cinta kasih ...."

Tiap manusia yang hidup di dunia, ada kalanya senang, semua serba terpenuhi, semua keinginan terkabul, sudah tentu ada kalanya semuanya tidak menyenangkan, tidak cocok selera tidak memenuhi syarat.

Sebagai makhluk yang punya akal budi tinggi, maka manusia menciptakan arak. Arak adalah sahabat manusia, terutama orang yang lagi kehilangan akal budi, orang yang gagal dalam menggapai cita-cita, tidak jarang arak digunakan untuk menghilangkan rasa resah, rasa sedih dan putus asa.

Orang yang tercapai keinginannya, hidup senang hidup mewah juga tidak jarang menggunakan arak sebagai pelampias rasa bangga, percaya diri dan arogan.

Maka dimana pun ada orang menjual arak, penjual arak tidak kuatir tidak dikunjungi setan arak.

Siau Cap-it Long memang peminum berat, tapi dia bukan pelanggan arak, sebab pelanggan harus punya duit untuk beli arak, Siau Cap-it Long justru bokek, tidak pernah punya duit. Tidak punya duit, syukur ada teman atau siapa saja yang mau mentraktir dirinya minum. Padahal Siau Cap-it Long tidak punya teman yang selalu mau mentraktir dirinya minum arak.

Jangan kata teman yang mentraktir minum tidak punya, teman yang tidak mentraktir apa-apa juga tiada.

Tanpa duit tak punya teman, namun arak masih tetap bisa diminumnya dengan puas, tidak jarang ia minum sampai mabuk. Kondisinya sekarang bukan lagi sebagai penggemar arak, ibaratnya ia bermusuhan dengan arak, tak peduli kapan saja, dimana saja, ada arak harus diminum habis, pengaruh air kata-kata sudah tidak ia pedulikan lagi, pokoknya minum.

Di seluruh pelosok dunia, dimana saja pasti ada arak, arak tak pernah habis diminum, mungkinkah seorang bisa minum habis seluruh arak yang ada di dunia ini? Maklum kalau Siau Cap-it Long minum dan minum, tiap hari minum, tiap hari mabuk.

Belasan li di wilayah ini, dimana ada orang jual arak, Siau Cap-it Long pasti pernah ke sana. Tiap tempat ia hanya bisa minum sekali, akibatnya, kalau bukan hidung dihajar bocor, mata sembab, bibir pecah, badan babak belur, tentu diseret dan dibuang orang ke selokan seperti orang mengusir anjing buduk layaknya.

Bukan saja bokek, Siau Cap-it Long sudah tidak punya apa-apa yang berharga, pakaian yang melekat di badan sudah compang-camping, kotor dan jorok.

Siau Cap-it Long yang sudah bangkrut, bahkan pakaian bobrok yang melekat di badan itu mendadak lenyap, hilang tak keruan parannya.

Tiada orang pernah melihat ia muncul di tempat dimana orang menjual arak. Dalam pikiran masyarakat luas terkesan hilangnya Siau Cap-it Long ibarat riak kecil yang bergeming di permukaan air, tiada orang memperhatikan mati hidupnya.

Hanya satu orang memperhatikan nasibnya.

Siau Cap-ji Long.

Dulu dimana ada orang jual arak, di sana dengan mudah orang akan menemukan Siau Cap-it Long, sekarang di pelosok manapun dimana ada orang jual arak, bayangan Siau Cap-it Long tidak pernah muncul lagi.

Siau Cap-ji Long tidak percaya, orang yang sudah kecanduan minum ini bisa meninggalkan kebiasaannya itu. Semua kedai arak besar kecil, restoran ternama sampai hotel termewah pun sudah dilacaknya, namun bayangan Siau Cap-it Long tak pernah ditemukan lagi.

Kalau setan arak meninggalkan arak, sama dengan ikan meninggalkan air, mana mungkin bisa hidup?

Siau Cap-ji Long hampir tidak percaya kalau kejadian ini kenyataan.

Di saat hampir putus asa, saat kehabisan akal, suara caci maki dan kegaduhan mendadak berkumandang dari Hong-ping-ciu-lo.

Hong-ping-ciu-lou adalah restoran termegah, termewah di kota ini, para tamu yang mampir di restoran ini semua berkantong tebal, dari kalangan atas, entah para pejabat, pedagang besar atau orang-orang gagah, dalam keadaan biasa tak mungkin terjadi kegaduhan yang mengundang perhatian orang banyak.

Di halaman depan restoran berkerumun banyak orang melihat keramaian, satu dengan yang lain berceloteh entah membicarakan kejadian apa.

Dua pelayan restoran yang mengenakan seragam bersih menyeret keluar seorang lelaki yang mabuk, dilempar ke jalanan, menyusul kaki tangan bekerja, menendang menggenjot serabutan silih berganti tanpa kenal kasihan, pemabuk itu dihajarnya hingga babak belur.

Saking bernafsu sambil menghajar memaki kalang kabut, "Kurang ajar, hari ini kau tertangkap bapakmu, bersembunyi di gudang arak menghabiskan beberapa guci, kami yang celaka menerima ganjaran majikan, hayo hajar saja sampai mampus."

Di antara penonton ada yang berhati bajik, segera membujuk, "Sudahlah, jangan dipukul lagi coba lihat dia sudah semaput, kasihan kan."

"Kasihan apa?" damprat pelayan itu, "memangnya siapa kasihan kepada kami? Dua hari keparat ini bersembunyi di gudang arak, menghabiskan empat guci arak kelas satu, majikan menuduh kami yang mencuri, malah memotong gaji segala. Lebih celaka lagi guci yang kosong dia isi air, para tamu yang kami suguh arak mendamprat kami menyuguhkan arak palsu, hampir saja majikan memecat dan memutus hubungan kerja. Semua gara-gara keparat ini, kalau belum menghajarnya tidak terlampias rasa dongkol kami."

Pemabuk itu meringkuk di tanah dengan tangan memeluk kepala, biar ditendang, dipukul dan diapakan pun diam saja, mulut pun bungkam.

Di antara orang yang berkerumun mendadak seorang berseru keras, "Nah coba lihat, Siau-tayhiap telah datang, biar Siau-tayhiap bantu memberi keadilan, apakah dia masih pantas dihajar."

Pelayan Hong-ping-lou mana ada yang tidak kenal Siau Cap-ji Long, dengan tertawa lebar segera maju menyambut, "Siau-tayhiap, syukur kau datang, mohon pertimbangkan dan memberi keadilan”.

Siau Cap-ji Long mengulap tangan, pelayan itu menghentikan perkataannya.

Siau Cap-ji Long berjongkok dengan kedua jarinya ia angkat dagu orang. Seketika bercahaya bola matanya, sekilas ia tertegun di tempatnya.

Siau Cap-it Long!

Siau Cap-it Long mengangkat kepalanya, dengan tertawa ia berkata, "Halo saudaraku, syukur kau datang, sungguh aku senang, lekas traktir aku minum."

Siau Cap-ji Long menyeringai dingin, "Siapa itu saudaramu?"

"Margaku Siau, margamu juga Siau, aku bernama Cap-it Long, kau bernama Cap-ji Long, kalau bukan saudaraku, memangnya kau ini siapa?"

Tetap dingin sikap Siau Cap-ji Long, "Kau adalah kau, dan aku tetap aku, tak perlu menarik persaudaraan segala."

Siau Cap-it Long menegakkan muka, katanya dengan seri tawa lucu, "Baiklah anggap bukan saudara, jelek-jelek masih terhitung sahabat bukan?"

"Siapa bilang aku ini sahabatmu?"

"Ya, ya, ya, bukan sahabat juga bukan soal. Mentraktirku minum dua cawan boleh kan?"

Siau Cap-ji Long menggeleng kepala, "Aku tidak biasa mentraktir teman minum arak."

"Kalau begitu tolong pinjam dua keping duit, biar aku minum sendiri, boleh tidak?"

Kembali Siau Cap-ji Long menggeleng kepala, "Aku tidak pernah meminjamkan duit untuk setan arak."

"Pinjam 10 ketip saja, tolonglah, besok kukembalikan ...."

"Satu peser pun takkan kupinjamkan," kata Siau Cap-ji Long, "kedatanganku hanya ingin memberi sebuah benda lain."

"O? Ya?" menyala bola mata Siau Cap-it Long, "benda apakah itu?"

"Coba lihat sendiri."

Waktu buntalan kain itu dibuka, golok jagal rusa yang menggetar dunia persilalan itu kembali berada di tangan Siau Cap-it Long.

Golok pusaka tidak berubah, gemerdep cahayanya tak berkurang, halus bagai permukaan air yang disorot sinar rembulan.

Mengangkat tinggi golok pusakanya di atas kepala, Siau Cap-it Long bergelak tawa, bola matanya yang mabuk berputar memandang sekelilingnya, "Nah, kalian lihat bukan? Inilah Kek-lok-to yang paling berharga di dunia, golok pusaka yang nilainya sebanding sebuah kota, kalian pernah mendengar bukan?"

Siapa tidak pernah mendengar kebesaran nama Kek-lok-to, dengan sorot kaget dan heran mereka mengawasi Siau Cap-ji Long, kenapa golok pusaka semahal itu diserahkan kepada seorang pemabukan. Siau Cap-it Long mengangsurkan golok di tangannya kepada kedua pelayan itu, "Coba kalian periksa, berapa harga golokku ini?"

Dengan gelisah kedua pelayan itu mengawasi Siau Cap-it Long, dengan memanggut mereka berkata, "Ya, ya, golok pusaka ini berharga."

Dengan terbahak-bahak Siau Cap-it Long lemparkan golok itu ke tanah. Serunya, "Kalau begitu, tolong bantu aku menyerahkan kepada kasir, akan kujual untuk minum arak."

Kedua pelayan itu ragu-ragu tak berani mengulur tangan menerima.

Siau Cap-it Long tertawa lebar, "Nah ambillah, tahukah kau ular arak di perut Siau-tayhiap sudah merambat ke ujung mulut, tunggu apa lagi?"

Sampai di sini Siau Cap-ji Long harus bersikap, diam-diam ia memberi tanda kepada kedua pelayan itu, lalu beranjak pergi keluar dari kerumunan orang banyak.

Siapa akan percaya seorang pendekar besar seperti Siau Cap-it Long bisa berubah menjadi seperti itu?

Dahulu Siau Cap-it Long juga pernah melempar goloknya itu tanpa ragu, waktu itu karena ia ingin menolong jiwa Hong Si-nio.

Sekarang tanpa ragu ia pun melempar goloknya ke tanah, siap diganti beberapa keping uang hanya untuk minum arak.

Siau Cap-it Long yang nama besarnya menggetar kolong langit, kali ini betul-betul runtuh total.

* * * * *

Hujan lebat.

Habis hujan terbitlah terang.

Siau Cap-it Long berusaha merangkak bangun di tengah pecomberan, sepertinya dia sudah kehabisan tenaga, kehabisan keberanian untuk berdiri tegak.

Ia sudah berdiri lalu terperosok jatuh lagi, jatuh di bawah kaki seorang muda.

Seorang muda yang seusia Siau Cap-ji Long, bersikap gagah, bangga dan angkuh.

Seorang pemuda yang dahulu sama dirinya waktu ia berusia semuda ini, berhadapan dengan pemuda ini, ia seperti melihat potret dirinya di waktu muda, sayang bayangan itu lambat laun sirna tak berbekas lagi.

Pemuda itu tengah menatapnya, rona mukanya membayangkan mimik yang aneh, tangan kanan menjinjing seguci arak, tangan kiri menggenggam golok.

Kek-lok-to.

Siau Cap-it Long menundukkan kepala, ia tidak berani berhadapan dengan pemuda ini, tidak berani berhadapan dengan golok pusakanya sendiri. Sepertinya ia kehilangan keberanian untuk menghadapi kenyataan, malah tidak berani berhadapan dengan masa yang telah lalu.

Maka ia berusaha meloloskan diri sendiri supaya mabuk. Sekarang dalam kondisinya, arak di tangan pemuda ini, nilainya jauh lebih tinggi dibanding golok pusakanya itu.

Mendadak pemuda itu berkata, "Kau ingin minum?"

Lekas sekali Siau Cap-it Long mengangguk.

"Sayang ini bukan arakmu."

Tangan Siau Cap-it Long saling genggam, dengan punggung tangannya ia menggosok bibir mulutnya yang mengering, berusaha berdiri tapi selalu gagal.

Pemuda itu menatapnya dingin, mendadak mengangkat golok di tangannya, "Kau ingin golokmu ini?"

Siau Cap-it Long melengos.

"Sayang golok ini sudah bukan milikmu lagi."

Tak tahan Siau Cap-it Long bertanya, "Sekarang golok ini milikmu?"

Pemuda itu menyeringai, "Dengan golok ini kemarin kau memperoleh arak, dengan senyum manisku hari ini aku memperoleh golokmu ini."

"Senyum manis?" tanya Siau Cap-it Long tidak mengerti. Lebar senyum pemuda itu, senyum yang penuh ejek, senyum yang susah dilukis artinya.

"Tahukah kau, ada orang tertawa, kadang lebih menakutkan dibanding saat tidak tertawa." Siau Cap-it Long jelas tahu.

"Nah, ketahuilah, aku ini adalah Siau-bin Cap-jit Long."

"Cap-jit Long?" Siau Cap-it Long mengulang nama orang dengan tertawa.

Cap-jit Long manggut-manggut.

"Margamu bukan Siau?" tanya Siau Cap-it Long.

Cap-jit Long tidak menjawab, matanya menatap mata Siau Cap-it Long. Cukup lama baru berkata, "Apa betul kau ini Siau Cap-it Long?"

Siau Cap-it Long tidak mampu menyangkal. Cap-jit Long berkata pula. "Benarkah kau ini Siau Cap-it Long yang malang melintang di bumi? Memberantas komplotan Siau-yau-hou, bentrok dengan Thian-kongcu itu?"

Kembali Siau Cap-it Long tak mampu membantah. Dengan tertawa Cap-jit Long berkata, "Kabarnya ilmu golokmu tiada tandingan di kolong langit, sudikah memberi kesempatan kepadaku?"

"Kesempataan? Kesempatan bagaimana?" tanya Siau Cap-it Long.

"Kau punya tangan, golok ada di sini, cukup memberi kesempatan padaku untuk menjajal ilmu golokmu, bukan hanya arak seguci ini menjadi milikmu, seluruh persediaan arak di Hong-ping-lou berapa banyak kau mampu minum, silakan habiskan seluruhnya."

Jari-jari Siau Cap-it Long kembali saling genggam.

Cap-jit Long tertawa lebar, "Pertaruhan ini cukup adil, aku yakin kau tidak akan menolaknya."

Mendadak Siau Cap-it Long berkata lantang, "Tidak."

"Tidak? Kenapa tidak?" tanya Cap-jit Long.

"Aku tidak mau main golok," tegas jawaban Siau Cap-it Long.

"Kenapa tidak? Tanganmu tetap tanganmu, golok ini juga tetap adalah golokmu."

Siau Cap-it Long meronta menegakkan dada, serunya, "Golokku tidak untuk tontonan."

"Ya, golokmu untuk membunuh orang."

“Betul."

Cap-jit Long terloroh-loroh, sepanjang hidupnya seperti belum pernah terloroh sekeras hari ini.

"Membunuh orang bukan hal yang menggelikan," kata Siau Cap-it Long.

"Kau bisa membunuh orang?"

Siau Cap-it Long menggeram rendah.

"Kau masih mampu membunuh orang?"

Siau Cap-it Long menunduk mengawasi tangannya. Tiada darah di tangan, hanya kotor oleh lumpur.

"Kau punya tangan, di sini masih ada golok, bila kau mampu menggunakan tangan mencabut golok ini untuk membunuhku, seguci arak ini bakal jadi milikmu."

"Aku takkan membunuh orang hanya karena seguci arak," teriak Siau Cap-it Long.

"Lalu demi apa kau berani membunuh orang?"

"Aku...."

Kaki Cap-jit Long mendadak melayang menendang pencomberan di depannya, menendang muka Siau Cap-it Long, lalu ia bersihkan alas sepatunya dengan muka Siau Cap-it Long.

Sekujur badan Siau Cap-it Long mengejang.

Cap-jit Long berkata, "Mungkin tidak karena perbuatanku tadi kau membunuh orang?"

Mendadak Siau Gap-it Long mengangkat kepalanya, dengan bola matanya yang merah darah menatapnya lekat-lekat.

"Kau tidak berani bukan?" jengek Cap-jit Long.

Perlahan Siau Cap-it Long mengulur tangan hendak mencabut golok, golok berada di depan mata, tapi jari tangannya seperti takkan bisa menyentuh golok itu selamanya.

Jari-jari tangannya gemetar. Makin lama makin keras seperti ada gempa hingga daun-daun pohon berguguran.

Cap-jit Long tertawa, tertawa lebar, "Aku tahu bukan kau tidak berani membunuh orang, tapi sekarang kau sudah tidak mampu membunuh orang." Di tengah gelak tawanya ia menyambung, "Golok ini tetap adalah golok pusaka, tapi Siau Cap-it Long sudah bukan Siau Cap-it Long yang dahulu."

Dari loteng restoran mendadak berkumandang pertanyaan seorang, "Memangnya kenapa Siau Cap-it Long yang sekarang?"

Dengan gagang golok Cap-jit Long memecah segel di mulut guci, arak dalam guci seluruhnya ia siram ke muka, kepala dan badan Siau Cap-it Long.

Siapa pun takkan kuat menahan penghinaan macam ini, biar jiwa melayang juga takkan terima dihina seperti ini. Siapa pun dia menghadapi peristiwa seperti ini, dengan nekad akan membusung dada, mengayun tangan mencabut golok mengadu jiwa.

Siau Cap-it Long justru melakukan perbuatan yang tidak pernah disangka oleh siapa pun.

Tiba-tiba ia membuka mulut. Mulutnya terbuka bukan hendak berteriak, bukan ingin melampiaskan angkara dalam hati. Tapi ia membuka mulut untuk menyambut arak yang meleleh di pipi, di mukanya.

Orang-orang yang menonton sudah tak tahan, mulai bersorak sorai, ada yang bertepuk tangan malah.

Cap-jit Long tertawa riang, "Hai, coba kalian lihat, macam apa sekarang dirinya?"

Belum hilang suaranya, mendadak sebuah tangan terulur tiba menyanggah dagunya.

Maka tubuh Cap-jit Long seperti orang kecil naik awan terbang melayang jauh ke sana. Sementara golok di tangannya berpindah di tangan orang ini.

Tangan siapakah itu?

Sehebat setangkas itukah tangan itu?

Lian Shia-pik.

Siapa lagi kalau bukan Lian Shia-pik yang Hiap-gi-bu-siang itu.

XXXII. JELAS DUDUK PERSOALANNYA

Waktu Siau Cap-it Long mengangkat kepala, ia melihat Lian Shia-pik.

Wajahnya tidak dihiasi cemooh, tiada belas kasihan, namun terbayang rasa lembut, pengertian yang luhur dan simpatik.

Dengan sebelah tangan ia memapah Siau Cap-it Long, katanya lantang, "Hayo, kita pergi minum."

Bagaimana rasanya arak?

Sekarang mungkin Siau Cap-it Long sudah tidak bisa membedakan bagaimana rasa arak, karena minum teramat cepat, minum terlalu banyak.

Lian Shia-pik membiarkan orang minum, ia hanya mengawasi saja, akhirnya ia pun berkata, "Kekuatanmu minum kelihatannya bertambah."

Siau Cap-it Long mengangkat cawan besar, satu tenggak ditelan habis.

"Berapa banyak kau bisa minum arak sehari?" tanya Lian Shia-pik.

"Makin banyak makin baik."

"Tiga guci besar?"

"Kurang lebih bolehlah."

"Sebelum ini kita bukan tcrhitung teman, tapi persoalan yang sudah lampau tak perlu dibicarakan lagi, sekarang ...." ia menarik napas panjang, "sekarang pantasnya aku menemanimu barang dua tiga hari saja, ada urusan yang harus segera kuselesaikan, hari ini aku hanya bisa meninggalkan 100 guci arak untukmu, cukup untuk satu bulan, satu bulan lagi, aku akan datang kembali."

Siau Cap-it Long mengangkat pula cawannya, lalu arak ditenggaknya habis, mendadak air mata meleleh di pipi jatuh di cawannya yang kosong.

Siapa pernah melihat Siau Cap-it Long menangis? Tidak pernah ada.

Siapa mau percaya Siau Cap-it Long rela mengucurkan air mata hanya karena diloloh seratus guci arak? Yakin tak pernah ada.

Sepanjang sejarah hidup Siau Cap-it Long hanya mengucurkan darah, kapan pernah mengucurkan air mata? Tapi sekarang, air matanya benar-benar bercucuran.

Mengawasi air mata meleleh di muka orang yang kotor, Lian Shia-pik menghela napas panjang, "Kau ...."

Mendadak Siau Cap-it Long menyeletuk, "Dahulu mungkin kita bukan sahabat, tapi sekarang kita sudah menjadi teman."

Lian Shia-pik mengawasinya cukup lama kemudian baru bertanya, "Apa betul sekarang kita sudah menjadi teman?"

Siau Cap-it Long memanggut. "Kau menangis, apakah merasa haru terhadapku?"

Siau Cap-it Long diam tidak memberi jawaban, juga tidak menyangkal.

Mendadak Lian Shia-pik tertawa, mimik tawanya tampak aneh. Sambil tertawa ia mengangsurkan golok pusaka di tangannya ke hadapan Siau Cap-it Long, "Inilah golokmu, sekarang tetap milikmu."

Siau Cap-it Long menunduk, mengawasi sarung goloknya yang kuno lagi kusam, lama kemudian baru menggumam, "Golok ini tetap golok yang dahulu, tapi diriku? Aku berubah menjadi apa?"

Lian Shia-pik menatapnya lekat, lama juga berdiam baru bertanya, "Tahukah kau kenapa berubah menjadi begini?"

Siau Cap-it Long manggut-manggut, lalu geleng-geleng kepala.

"Kau tidak tahu, pasti tidak tahu. Sebab ...." desis suara Lian Shia-pik terputus.

"Sebab apa?" tanya Siau Cap-it Long

"Sebab yang betul-betul tahu rahasia ini, di kolong langit ini hanya satu orang."

"Siapa?"

"Siapa dia kau selamanya takkan pernah menduganya."

"Siapa dia?" Siau Cap-it Long mengulang pertanyaannya.

"Aku," sahut Lian Shia-pik, sampai di sini mendadak sikapnya berubah, sorot matanya setajam pisau, sementara jari jemarinya hanya lima senti dari tubuh Siau Cap-it Long. Dia siap menunggu segala reaksi. Siapa tahu sama sekali Siau Cap-it Long tidak menunjukkan perubahan apa-apa. Tiada reaksi.

Lian Shia-pik berkata lebih jauh, "Keadaanmu berubah jadi begini, semua gara-gara perbuatanku."

Mengawasi orang, sorot mata tajam Lian shi-pik makin memicing, suaranya lebih pelan, "Tahukah kau siapa sebenarnya ketua Thian Cong?"

Sorot mata Siau Cap-it Long kosong, gerak-geriknya mirip orang pikun, "Kau ...."

"Betul, inilah aku," kata Lian Shia-pik, "seluruh rencana ini adalah buah karyaku."

Bahwasanya pengakuan ini ibarat sebatang jarum runcing yang dapat menghunjam hulu hati orang, namun betapapun besar batang jarum yang menusuk perasaan Siau Cap-it Long, orangnya tetap mematung linglung, tanpa memberi reaksi sedikitpun.

Di dunia ini hakikatnya sudah tiada persoalan apapun yang dapat membuatnya sedih, entah karena dia sudah kehilangan perasaan, tidak punya perasaan seperti manusia umumnya.

Lian Shia-pik bertutur, "Waktu kalian berduel hari itu, aku juga berada di Sat-jin-gay. Waktu Siau-yau-hou terjungkal ke dalam jurang, aku melihatnya sendiri. Setelah kau pergi membawa Pin-pin, aku berusaha turun ke jurang menilik keadaannya."

"Melihatnya?" desis Siau Cap-it Long, "untuk apa?"

"Sebab aku tahu orang seperti dia takkan semudah itu mampus hanya karena jatuh ke dalam jurang. Kalau di dunia ini betul ada manusia yang punya jiwa rangkap, orang itu adalah dia."

"Waktu kau turun ke bawah, apa betul dia belum mati?"

"Belum."

"Kau ingin menolongnya?"

Lian Shia-pik tertawa, "Yang ingin kutolong bukan orang macam dia, tapi aku butuh rahasianya."

"Rahasia?"

"Tiap orang punya rahasia, rahasia orang macam dia, bagi orang lain, bukan lagi dianggap harta terpendam."

"Rahasianya, berarti adalah rahasia Thian Cong?"

"Betul."

"Dia memberitahu rahasianya kepadamu."

"Betul."

"Kenyataan dia belum mati, mana mungkin memberitahu rahasianya kepadamu?"

"Karena tidak bisa tidak dia harus memberitahu kepadaku."

"Kenapa?"

Lian Shia-pik menghela napas, "Karena dia sudah berubah, berubah lamban lagi tak perasa. Tapi kau tidak pantas bertanya soal ini."

Siau Cap-it Long masih belum paham.

"Sebab kau bisa memperkirakan sendiri, kalau tidak dia bocorkan rahasia itu, kematian adalah bagiannya."

"Setelah dia membocorkan rahasianya?"

Kembali Lian shia-pik menghela napas, "Hal ini juga tidak pantas kau tanyakan, setelah mengajukan pertanyanmu ini, kematianmu akan lebih cepat."

Siau Cap-it Long tertawa, menyengir tawanya persis seperti orang linglung, orang pikun.

"Setelah aku menguasai rahasia Thian Cong, segera aku adakan pembenahan organisasi Thian Cong, sayang banyak orang-orang Thian Cong yang tidak mau menerima perintahku, maka dengan mengatur tipu daya, supaya mereka bermunculan di antara engkau dan Pin-pin, aku tahu Pin-pin pasti mengatur muslihat supaya engkau membunuh mereka semua." Dengan tertawa cerah ia menyambung, "Itulah yang dinamakan pinjam golok membunuh orang, sekali panah dua burung terbunuh."

Siau Cap-it Long tetap diam mendengarkan.

"Sebetulnya banyak kesempatan aku bisa membunuhmu, hal ini tentu kau sendiri juga tahu."

Siau Cap-it Long mengakui.

"Tahukah kau kenapa selama ini aku belum juga turun tangan?"

Siau Cap-it Long menggeleng kepala.

"Sebab," Lian Shia-pik menekan suaranya lebih tajam, "akan kubuat kau mati lebih menderita, aku akan membereskanmu secara tuntas. Akan kubuat orang banyak putus asa dan kecewa terhadapmu, akan kubuat orang banyak berpendapat kau ini tidak lebih hanyalah binatang yang tidak bisa ditolong, tak bisa dinasehati lagi."

Sampai di sini ia bicara, roman mukanya yang pucat-pias itu terlihat berkerut-merut saking dibakar emosi, sorot matanya pun menampilkan bayangan marah, penasaran dan tersiksa.

Sebab ia merindukan Sim Bik-kun. Ia akan berusaha merebutnya kembali, bukankah hanya jiwa dan raga Sim bik-kun, tapi juga akan merebut simpati dan cintanya kembali.

Maka ia harus berusaha supaya Sim bik-kun kecewa dan putus asa melihat penampilan Siau Cap-it Long.

Demi mencapai semua maksud dan tujuannya itu, ia rela mengorbankan apa saja, dengan imbalan apa saja.

Ia mencintai Sim Bik-kun, cinta yang amat dalam, maka bencinya terhadap Siau Cap-it Long juga benci amat dalam.

Hanya benci karena cinta yang tidak terbalas, terhitung dendam yang paling mengerikan, paling menakutkan. Siau Cap-it Long mulai menenggak arak lagi. Arak sebanyak itu adalah jamak kalau membuatnya beku, beku perasaan, beku pikiran, pokoknya lahir batinnya beku. Menilai kondisinya sekarang, terutama sorot matanya masih membayangkan rasa derita yang luar biasa. Di balik rasa takutnya itu terbayang juga akan rasa ketakutan. Bukan takut terhadap Lian Shia-pik, ngeri menghadapi tipu daya Lian Shia-pik, tapi ngeri karena dendam kesumatnya itu.

Lian Shia-pik berkata lebih jauh, "Dengan segala upaya, aku buat kau terkenal. tersohor, kaya raya, punya kedudukan, pamormu tinggi, semua mencapai puncaknya, lalu kubiarkan kau jatuh, dengan memperalat kehebatanmu, aku berantas para pengkhianat itu. Dua hal karya baikmu itu, tentu baru sekarang kau sadari."

"Aku ...." Siau Cap-it Long menggumam dalam mulut.

"Sebenarnya aku masih mengatur kau pergi ke Pat-sian-cun untuk membunuh para pengkhianat itu, hanya rencana ini tidak tercapai dengan tuntas," sampai di sini ia tertawa sejenak baru melanjutkan, "tapi pada waktu itu, tiada seorang pun di dunia ini yang bisa merintangi, membatalkan rencanaku, umpama kau sendiri tidak ke sana, aku sendiri bisa turun tangan membunuh mereka."

"Maka sengaja kau membuatku salah terka, sebab kau merasa turun tangan sendiri lebih gampang."

"Sebetulnya aku memang lebih senang turun tangan sendiri, segala urusan apapun aku senang mengerjakan sendiri."

"Lalu kau sendiri menyamar jadi si buta itu?"

"Akan kubuat kau salah terka, menyangka si buta itu sebetulnya adalah Siau-yau-hou, menganggap dia belum mampus."

"Kenapa?"

"Sebab segala tanggung jawab peristiwa ini aku bebankan kepada Pin-pin."

Siau Cap-it Long menundukkan kepala, mulutnya menggumam, "Pin-pin ... Pin-pin ... oh, gadis yang harus dikasihani”.

"Setelah segala rencana besar itu sukses, Pin-pin dan Siau-you-hau akan betul-betul mati, maka di dunia ini takkan ada orang lain tahu rahasiaku, jelas takkan ada curiga bahwa akulah ketua Thian Cong. Maka seperti dahulu aku ini ibarat batu jade yang utuh, akulah Lian Shia-pik adalah ksatria yang tiada bandingannya."

Siau Cap-it Long sudah mabuk, kondisinya yang lemah sudah pantas roboh, tapi masih ada satu pertanyaan, hal ini harus ia tanyakan. Dengan mengerahkan setaker sisa tenaganya, ia berusaha bertahan, suaranya lantang, "Kenapa kau beberkan semua rahasia itu kepadaku?"

"Sebab akan kubuat kau menderita, akan kubuat kau sendiri merasa dirimu adalah bocah linglung yang tak bisa diobati lagi."

Kembali wajahnya menampilkan rasa bangga, lembut dan senyum lebar. Waktu berdiri ia pegang pundak Siau Cap-it Long, "Sekarang saatnya aku pergi. Seratus guci arak itu tetap kutinggalkan untukmu. Tapi satu hal kau harus ingat, mungkin setelah kau habiskan seratus guci arak itu, apakah kau masih bisa bertahan hidup?"

Tanpa menunggu jawaban Siau Cap-it Long, ia melangkah keluar pintu.

Waktu ia tiba di ambang pintu, Siau Cap-it Long roboh terlentang di lantai.

Dengan langkah ringan Lian Shia-pik menyusuri taman kembang, perasaannya riang seperti mau terbang saja. Selama hidup rasanya belum pernah punya perasaan segembira kali ini, bukan hanya lantaran jerih payahnya selama ini terkabul, lebih penting adalah tanpa mengeluarkan tenaga, tak usah menggunakan kekerasan, entah main pedang atau ayun golok, tapi dengan nyata ia berhasil merobohkan Siau Cap-it Long yang terkenal di jagat raya ini. Roboh mengenaskan, kalah total.

Paling tidak ia sudah membuktikan satu hal, memiliki ilmu silat yang digdaya bukan berarti jago kosen, orang kuat. Tapi pengetahuan luas, rencana yang cermat dan muslihat yang lihai baru terhitung modal utama setiap insan persilatan yang punya ambisi menguasai dunia.

Tidak salah bukan?

Betapa gagah perkasanya Siau Cap-it Long, kenyataan sekarang menjadi si lemah yang nasibnya lebih mengenaskan dibanding seekor anjing. Anjing liar, anjing buduk.

Lian Shia-pik ingin tertawa, tawa lebar, buah kemenangannya memang tidak mudah diperolehnya, betapapun sulit dan rumit persoalannya, yang penting sekarang ia sukses.

Dari awal diam-diam ia membuat rencana ini, diam-diam merasakan siksa derita yang susah dicerna secara lahiriah, termasuk hilang bini, harta benda ludes. Kini semua itu tak lama lagi akan kembali ke tangannya.

Sudah tentu kecuali Sim Bik-kun.

Ia percaya Sim Bik-kun sudah mati waktu terjun ke danau, kalau tidak ia yakin sang bini yang cantik itu akan kembali lagi dalam pelukannya.

Kematian Sim Bik-kun sebagai tumbal, tapi ia berhasil meruntuhkan Siau Cap-it Long, kalau diperhitungkan antara 'beroleh' dan 'hilang', rasanya masih setimpal.

Sampai di ujung langit sekalipun rumput akan tetap tumbuh subur.

Masih banyak wanita secantik Sim Bik-kun di dunia ini, tapi tiada orang kedua seperti Siau Cap-it Long.

* * * * *

Ruang besar itu terang benderang, namun suasana telah sunyi senyap.

Pedang yang terbuat dari emas itu masih berada di meja, memancarkan cahaya kemilau. Bola mata Lian Shia-pik saat itu juga sedang memancarkan cahaya terang yang aneh.

Sejak kini, Bu-kau-san-ceng bakal menjadi lambang “Jin Gi" dalam sanubari khalayak ramai. Lian Shia-pik, tiga nama besar itu akan menjadi harum dan terkenal sepanjang abad, dipuja sebagai pendekar di antara pendekar, orang gagah di antara orang gagah.

Tiada orang tahu bahwa Lian Shia-pik adalah generasi kedua ketua Thian Cong, rahasia ini akan tetap menjadi rahasia seiring dengan tamatnya riwayat Siau Cap-it Long, ia mampu membongkar rahasia ini, Bu-kau-san-ceng akan tetap disanjung, dipuja sebagai perkampungan suci bersih umpama batu jade yang disakralkan sebagai batu mulia tanpa cacad, berabad-abad, beribu-ribu tahun tetap menjadi lambang kebesaran yang tak pernah pudar.

Lian Shia-pik tertawa senang, tertawa puas.

Dalam sekejap ini, ia betul-betul merasakan sebagai pemenang, jerih payah selama beberapa tahun, bersabar dan tekuk lutut menahan hina, hari ini akhirnya memperoleh tebusan yang amat tak bernilai.

Mendadak ia punya perasaan senang dan lega karena beban selama ini menindihnya terlalu berat. Secara reflek ia mengulur tangannya mengelus pedang emas itu. Batang pedang dingin, hatinya justru panas membara, jari-jemarinya yang hangat mengelus batang pedang nan dingin, terasa nyaman dan segar.

Saat ini ia betul-betul bergairah, dia memang memerlukan hawa segar, hati yang nyaman untuk meredam gejolak perasaannya, hati yang tenang dan tenteram.

Mendadak ia tertegun.

Di atas pedang emas itu semula diukir empat huruf "Hiap Gi Bu Siang"

Empat huruf itu tidak berubah, tetap keempat huruf itu, cuma urutan keempat huruf itu yang berubah terbalik, menjadi "Hiap Gi Siang Bu'.

Di bawah keempat huruf itu semula diukir juga beberapa nama sponsor pembuat pedang emas itu. Kini nama mereka sudah berubah menjadi "PERSEMBAHAN RAMPOK BESAR SIAU CAP-IT LONG".

Pedang tetap pedang emas semula, kecuali perubahan huruf-huruf yang diukir di batang pedang, tiada keanehan yang lain. Itu menandakan bahwa huruf-huruf semula yang terukir di batang pedang dihapus orang dengan kekuatan 'Tay-lik-kim-kong-jiu' atau ilmu sejenisnya, lalu diukir kembali dengan huruf-huruf baru yang terbaca sekarang.

Kecuali Siau Cap-it Long, siapa mampu melakukannya?

Kecuali Siau Cap-it Long, siapa memiliki Lwekang setinggi ini?

Tapi bukankah Siau Cap-it Long sudah ambruk, sudah runtuh total? Apakah semua itu hanya merupakan perangkap?

Mendadak Lian Shia-pik merasa hatinya mencelos, perasaannya mengendap turun mirip tenggelam ke dasar jurang, orangnya seperti batu yang dijemur di terik matahari, mendadak jatuh ke dasar jurang yang bersalju.

Perasaan dingin yang entah datang darimana, sekonyong-konyong seperti mengurung dirinya.

Bukan hanya hatinya dingin, badannya juga mulai menggigil. Pedang lepas dari tangannya jatuh di lantai dengan suaranya yang memekak telinga.

Lian Shia-pik menegakkan badan sambil menarik napas panjang, lalu dihamburkan dari mulut perlahan-lahan, mendadak berteriak, "Mana orangnya."

Yang dipanggil segera muncul.

Rona muka Lian Shia-pik sudah wajar kembali, sepatah demi sepatah berkata, "Sulut dupa, siapkan kuah teratai, siapkan perjamuan besar, hiburan tambur dan musik."

Lalu Lian Shia-pik berendam dalam air bak yang mengepul hangat, namun ia masih merasakan sekujur badannya kedinginan.

Selama ini dia belum pernah dijatuhkan orang, memangnya dia lelaki kuat yang tidak mudah dijatuhkan.

Tapi sekarang dalam sanubarinya ia merasakan kejatuhan itu.

Cita-cita hidupnya selama ini adalah menjatuhkan Siau Cap-it Long secara tuntas, remuk redam di tangannya.

Sekarang mendadak ia menyadari, yang berhasil ia hancurkan tidak bukan tidak lain adalah keinginannya sendiri.

Mendadak ia menyadari dirinya sungguh menggelikan. Ia ingin tertawa, tertawa bebas, tertawa lepas.

Dia benar-benar tertawa, sambil bergelak tawa ia berdiri, terus keluar dari ruang besar.

Ruang sebelah juga terang benderang, alunan musik berkumandang merdu, belasan cewek yang semampai sedang menari gemulai, dengan langkah lebar ia beranjak ke tengah cewek-cewek yang sedang menari itu. Dia berusaha mengendorkan segalanya, entah hati, pikiran atau lahir batinnya. Sebab ia tahu detik-detik yang memutuskan kalah menang sudah di ambang mata.

Kalau Siau Cap-it Long tidak roboh, berarti dirinya yang akan tumbang, hal ini jelas dan tak perlu diragukan lagi.

Gong Ping Ciu Lou.

Di restoran ini juga terang benderang, musik mengalun merdu, para penari membawakan tari gembira. Sepertinya Siau Cap-it Long juga berusaha mengendorkan segala pikiran, lahir batin. Arak masih berada di atas meja. Dalam hati Siau Cap-it Long sudah merasakan keberadaan arak itu.

Dengan nanar ia mengawasi Lian Shia-pik beranjak masuk, Lian Shia-pik juga sedang mengawasi dirinya, sorot mata mereka berdua tampak terang, bening namun dingin.

Pada detik-detik singkat ini, hati mereka sama-sama dirasuk perasaan aneh, seperti sedang mengawasi duplikat diri sendiri.

Dalam mata mereka, dalam sanubari yang paling dalam, di suatu tempat rahasia yang paling tersembunyi di relung hati mereka, bukankah antara mereka punya persamaan yang selama ini tak pernah diungkap? Kenapa mereka sama-sama mencintai satu wanita? Kenapa begitu mendalam cinta mereka?

Tanpa bicara, tanpa bersuara. Begitulah mereka saling pandang, saling tatap.

Mungkin hingga sekarang Lian Shia-pik baru melihat jelas siapa sebenarnya Siau Cap-it Long.

Siau Cap-it Long pasti dan bukan manusia yang bisa dihancurkan hanya dengan arak.

Arak hanya sebuah alat. Tiba-tiba Lian Shia-pik mengangkat cawan, terus ditenggak habis, "Arak bagus."

"Ya, arak bagus."

"Arak, arak banyak menyelesaikan urusanmu."

Siau Cap-it Long manggut-manggut.

"Maka kau tahu aku pasti datang ke sini."

Siau Cap-it Long hanya mengiakan saja.

"Kau dan aku sama-sama tahu, hari ini akan tiba juga."

Siau Cap-it Long memanggut.

Lian Shia-pik tertawa.

Siau Cap-it Long juga tertawa.

"Silakan," seru Lian Shia-pik.

"Silakan," seru Siau Cap-it Long dengan senyum lebar, mereka sama-sama beranjak keluar.

Cahaya senja tampak begitu indah mempesona, hembusan angin sudah terasa dingin. Sedingin senyum mereka.

Daun rontok berhamburan. Daun yang berhamburan itu beterbangan di jalan raya panjang itu.

Jalan raya sunyi sepi.

Sinar senja menerangi lembah, daun-daun pohon mulai menguning di musim rontok, disorot cahaya mentari tampak membentang merah bagai tabir api.

Sorot mata Lian Shia-pik seperti api membara mengawasi Siau Cap-it Long. Mengawasi golok pusaka yang terkenal di dunia itu.

Pada zaman ini, di kolong langit, yakin tiada golok lain yang lebih tajam dibanding golok jagal rusa. Di dunia ini, pasti tiada tangan yang dapat memainkan ilmu golok seperti yang dimainkan Siau Cap-it Long, begitu menakutkan, begitu mengerikan.

Setiap insan persilatan pasti tahu akan hal ini.

Lian Shia-pik jelas juga tahu akan hal ini.

Dan sekarang, golok yang tajam luar biasa itu tengah tergenggam di tangan Siau Cap-it Long.

Siapa pun dia, berhadapan dengan lawan seperti ini, tak ingkar lagi pasti timbul rasa lakut, rasa ngeri dalam hatinya, tapi tidak dengan Lian Shia-pik. Sebab sanubarinya dilembari keyakinan.

Sejak beberapa tahun lalu ia sudah punya keyakinan itu, ia percaya tiada tokoh mana pun di dunia ini yang mampu mengalahkan dirinya.

Siau Cap-it Long adalah manusia biasa, dia pun tidak terkecuali. Maka ia amat tenang, hatinya mantap.

Dengan menatap tajam Siau Cap-it Long, maksudnya hanya ingin menambah tekanan bagi hati Siau Cap-it Long.

Dia menatap Siau Cap-it Long hanya ingin menikmati mimik Siau Cap-it Long menjelang ajal.

Serpihan cahaya akhir dari mentari senja tepat menyinari batang golok jagal rusa, sinarnya membias di wajah dan mata Siau Cap-it Long.

Terasa oleh Lian Shia-pik dari sorot mata Siau Cap-it Long muncul cahaya yang aneh, cahaya cemerlang yang tak mampu dilukiskan dengan kata-kata, cemerlang yang tiada duanya di dunia.

Pada detik sekilas itulah, keyakinan Lian Shia-pik mendadak meleleh, mendadak sirna seperti sisa salju di musimn semi yang ditimpa terik mentari. Mendadak hatinya dirasuk rasa takut yang tak mampu dilukiskan dengan kata-kata, rasa takut yang belum pernah ada sepanjang hidupnya.

Betapa hebat, betapa kuat rasa ketakutan, seberat sambaran sinar golok tajam itu. Dan pada detik-detik yang menentukan itulah, Siau Cap-it Long melakukan perbuatan yang tidak pernah disangka oleh siapa pun, mimpi pun tak pernah terbayangkan oleh siapa pun.

Siau Cap-it Long menurunkan goloknya. Meletakkan Kek-lok-to. Meletakkan Kek-lok-to yang luar biasa, golok pusaka yang digdaya, golok sakti yang tiada duanya di dunia. Meletakkan di depan kaki Lian Shia-pik. Di tempat dengan mudah sekali raih Lian shia-pik bisa menjamahnya.

Kejap lain, cahaya senja telah lenyap, kemilau golok itupun telah sirna, mendadak Siau Cap-it Long juga menghilang.

Sebab dalam pandangan Lian Shia-pik sudah tiada Siau Cap-it Long, sudah tiada rasa takut. Tapi juga jelas sudah tiada keyakinan.

Keyakinan jelas merupakan unsur terpenting untuk menundukkan lawan meraih kemenangan, tapi bagi seorang pemenang, keyakinan itu sudah tidak bermanfaat lagi, sudah tidak penting lagi.

Sebab ia sudah memperoleh kemenangan. Apakah rasa kemenangan itu? Nikmat, puas, terangsang, riang gembira atau mungkin kosong.

Sejenis rasa kosong yang hanya diresapi oleh seorang yang pernah meraih kemenangan.

Rasa kosong yang dirasakan Lian Shia-pik datang sekilas saja, sekejap goloknya memapas, sekilas sinar menyambar. Rasa kosong yang jauh lebih mengerikan dibanding rasa takut itu sendiri.

Dia melihat Kek-lok-to.

Hanya melihat Kek-lok-to yang ditaruh di tanah depan kakinya, Kek-lok-to yang dapat ia ambil hanya dengan sedikit membungkuk badan.

Dia tidak melihat Siau Cap-it Long.

Tak pernah terpikir dalam benaknya, yang benar-benar menakutkan, mengerikan bukanlah golok ini. Yang benar menakutkan adalah Siau Cap-it Long.

Siau Cap-it Long yang aneh, yang tak bisa dilukiskan, Siau Cap-it Long yang tiada duanya di langit, bumi atau dimana saja.

Malam gelap pekat.

Lian Shia-pik hanya melihat kegelapan. Sepanjang hidupnya, hanya saat itulah yang ia rasakan paling gelap.

Lalu ia mendengar suatu suara yang aneh. Suara yang aneh, suara yang tak bisa dilukiskan dengan kata-kata, suara yang hanya bisa ia rasakan dan ingin tumpahkan setelah mendengarnya.

Dia mendengar tulang kepala sendiri yang terpukul remuk.

* * * * *

Rembulan.

Bintang bertaburan.

Cahaya rembulan dan sinar bintang membias di muka Lian Shia-pik nan pucat pias, roman mukanya lebih pucat dibanding putih mata Siau Cap-it Long.

Tiada orang bisa melukiskan mata Siau Cap-it Long, jelas takkan ada orang bisa menggambarkan bagaimana bola mata Siau Cap-it Long saat itu.

Cahaya rembulan berkerlap-kerlip, bintang masih menyinari golok pusaka yang menggeletak di tanah.

Kek-lok-to masih berada di sana, Siau Cap-it Long sudah pergi.

Waktu Siau Cap-it Long pergi, tidak membawa nyawa Lian Shia-pik, hanya membawa harapan, bangga dan kemenangan, harapan yang menjadi cita-citanya selama hidup.

Waktu berlalu ia hanya berkata, "Kau tidak boleh mati, karena aku masih berhutang kepadamu."

Kau tidak boleh mati. Aku pun pantang mati.

Hong Si-nio tak boleh ajal. Sim Bik-kun juga tak boleh gugur.

Tapi sejak zaman dahulu, sejak ribuan, laksaan tahun lalu, di dunia ini ribuan dan laksaan manusia, memangnya siapa yang tidak bisa mati?

T A M A T

DONASI VIA TRAKTEER Bagi para cianpwe yang mau donasi untuk biaya operasional Cerita Silat IndoMandarin dipersilahkan klik tombol hati merah disamping :)

Posting Komentar